Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Target Produksi Beras 32 Juta Ton Sulit Tercapai, Ini Alasannya

Anggota Komisi IV DPR RI Hanan A Rozak menilai target produksi beras tahun 2024 sebesar 32 juta ton akan sulit tercapai. suaratani - dok

SuaraTani.com - Jakarta| Anggota Komisi IV DPR RI Hanan A Rozak menilai target produksi beras tahun 2024 sebesar 32 juta ton akan sulit tercapai. 

Lantaran terbatasnya jumlah subsidi pupuk yang hanya sebesar 4,7 juta ton untuk mencapai target tersebut. Ia menyarankan adanya refocusing anggaran untuk menambah jumlah subsidi pupuk petani.

“Kita ketahui bersama bahwa yang namanya tanaman itu sama seperti manusia. Dia bisa hidup berkembang bahkan berproduksi manakala asupannya. Asupan gizinya, asupan pangannya cukup," kata Hanan.

Ia mengatakan itu dalam Rapat Kerja Komisi IV dengan Menteri Pertanian di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

"Kita hanya bisa mencapai produksi 32 juta ton ini manakala tanaman padi kita yang kita tanam itu makanannya cukup,” ujarnya.

Politisi Fraksi Partai Golkar itu juga menyatakan capaian target produksi tahun 2024 ini juga akan sulit. Terlebih dengan adanya persoalan hambatan-hambatan produksi seperti adanya El Nino dan juga gagal panen.

“Karena pupuk subsidi hanya 4,7 juta (ton) saja, saya kira dikoreksi saja Pak. Target produksi komoditi (beras) kita berapa Pak? Apakah (produksi) 32 juta ton itu bisa tercapai? Sampaikan ke Menteri Keuangan. Ini lho kalau hanya disiapkan pupuk subsidi 4,7 juta (ton) kita tidak bisa mencapai angka (produksi beras) 32 juta ton,” tuturnya.

Ia menyarankan adanya refocusing anggaran. Refocusing ini selain untuk subsidi pupuk, menurutnya juga dapat dialokasikan untuk membiayai hal-hal yang tidak dapat dibiayai petani. Seperti terkait infrastruktur pertanian, perbaikan tata air mikro dan mesin pertanian.

“Kebutuhan pupuk ini disiapkan, ya saya kira tidak mustahil Pak tanpa ada perluasan areal, capaian produksi 32 juta ton beras. Bahkan saya perkirakan bisa lebih itu bisa tercapai manakala pupuknya bisa dipenuhi,” pungkasnya. * (jasmin)