Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mulai Hari Ini, PVMBG Turunkan Status Gunung Ruang Jadi Siaga




Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan kembali status Gunung Ruang menjadi Level Siaga. foto: ist

SuaraTani.com - Bandung| Aktivitas vulkanik Gunung Ruang mulai menunjukkan penurunan. Karena itu, Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan kembali status Gunung Ruang.

"Mulai hari ini, Senin, 22 April 2024, pukul 09.00 WITA status Gunung Ruang kembali menjadi Level III (Siaga)," kata Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid, Senin (22/4/2024) di Bandung.

Dikatakannya, PVMBG akan terus memonitor tingkat aktivitas Gunung Ruang dan akan mengevaluasi kembali secara berkala, maupun jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. 

"Tingkat aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum dikeluarkan," sambung Wafid.

Pada Level SIAGA ini, PVMBG menurunkan jarak aman masyarakat beraktivitas dari sebelumnya 6 km menjadi 4 km termasuk jarak evakuasi.

Pada tingkat aktivitas Gunung Ruang Level III (Siaga) PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung api dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada. Dan, tidak memasuki wilayah radius 4 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang. 

"Masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 4 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 4 km,"jelas Wafid. * (putri)