Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Optimalkan SAKIP, Pj Bupati Langkat Audiensi ke Kementerian PANRB

Pj Bupati Langkat HM Faisal Hasrimy, melakukan audiensi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Jakarta, Selasa (21/5/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Jakarta| Pj Bupati Langkat HM Faisal Hasrimy, melakukan audiensi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Audiensi ini terkait Optimalisasi Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Langkat Tahun 2024.

Dalam audiensi itu, Faisal Hasrimy didampingi Sekretaris Daerah Amril, Asisten Administrasi Umum  Musti, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Ilhamsyah Bangun serta Tim SAKIP Kabupaten Langkat.

Mereka  diterima Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas dan Pengawasan Prof  Erwan Agus Purwanto, Asisten Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas dan Pengawasan I, Akhmad Hasmy. Dan, PIC SAKIP Kabupaten Langkat Riri Sitanggang. 

Dalam pertemuan itu, Prof Erwan Agus Purwanto memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Pemerintah Daerah yang mau berbenah dalam pengimplementasian SAKIP. 

"Kami dengan tangan terbuka akan siap mendampingi bagi Pemerintah Daerah yang serius dan bersungguh-sungguh," katanya.

Pada audiensi ini Pemkab Langkat menyampaikan segala upaya yang sudah dilakukan dalam rangka peningkatan SAKIP dan perbaikan dokumen pemenuhan SAKIP. Yang nantinya menjadi bahan evaluasi atas penilaian SAKIP oleh Kementerian PANRB.

Asisten Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas dan Pengawasan I, Akhmad Hasmy, menyampaikan, beberapa temuan terkait hal-hal yang perlu dipenuhi dan diperbaiki oleh Pemkab Langkat dalam rangka peningkatan implementasi SAKIP. 

Diantaranya meningkatkan kualitas AKIP dua pertiga OPD, menyusun rencana aksi yang berkualitas. Melakukan monitoring atas target kinerja yang telah diperjanjikan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dan, memonitoring tindak lanjut hasil evaluasi internal.

Akhmad Hasmy menambahkan, nilai atas capaian SAKIP adalah bentuk sebuah penghargaan, tapi yang terpenting adalah kemauan untuk melakukan penataan agar pengimplementasian dapat berjalan baik.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, mewakili perangkat daerah di lingkungan Pemkab Langkat, memaparkan pelaksanaan implementasi SAKIP di unit kerjanya.

 "Dari pemaparan tersebut disimpulkan bahwa implementasi SAKIP  di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dapat terbilang sudah baik. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dapat menjadi contoh bagi perangkat daerah lainnya yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat," kata Pj. Bupati Langkat. * (junita sianturi)