Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pj Bupati Taput Diminta Tidak Cawe- Cawe Pilkada

Ketua PKB Kabupaten Taput Tigor Lumbantoruan. foto: ist

SuaraTani.com - Taput| Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Tigor Lumbantoruan mengingatkan Pj Bupati Taput, Dimposma Sihombing agar tidak cawe-cawe (mencampuri- red) dalam proses tahapan Pilkda yang akan dilaksanakan November 2024.

Sikap tegas ini disampaikan Tigor mengingat Dimposma Sihombing menghadiri kegiatan jalan santai dan senam yang dilaksanakan anggota DPRD Sumut, yang juga balon Bupati Taput pada 16 Juni 2024.

Menurut Tigor, Pj Bupati Taput harus netral, tidak berpihak kepada balon agar suasana aman bisa tercipta di antara masyarakat. Khususnya para pendukung bacalon Bupati. 

"Kehadiran Pj Bupati di acara senam pagi anggota DPRD Sumut sudah membuat tidak aman, menimbulkan keresahan di masyarakat," kata Tigor dalam keterangan resminya, dikutip, Senin (24/6/2024) di Tarutung.

Iajuga menyikapi surat undangan yang disampaikan anggota DPRD Sumut Fraksi Nusantara kepada Pj Bupati Taput tentang kegiatan jalan santai dan senam.

Surat tersebut kemudian ditindaklanjuti  Pj Bupati Taput dengan membuat surat agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menghadiri kegiatan jalan santai dan senam tersebut.

Menurut mantan anggota DPRD Taput itu, dari sisi admininstrasi, surat keluar dari lembaga legislatif harusnya dikeluarkan oleh pimpinan DPRD bukan dikeluarkan oleh Fraksi.

"Apa gunanya pimpinan dan alat kelengkapan DPRD kalau memang untuk urusan surat keluar dari DPRD bisa mengatasnamakan Fraksi. Tapi disitulah kelengahan Pj Bupati Taput dalam menyikapi surat tersebut," katanya.

Terakhir, Tigor meminta Dimposma bersikap netral dan tidak berpihak kepada salah satu pihak dalam Pilkada Taput. Karena dia ditugasi sebagai Pj Bupati Taput untuk menjalankan pemerintahan dan untuk mensukseskan Pilkada sebelum Bupati Taput defenitif terpilih.

Seperti diketahui, Pj. Bupati Taput Dimposma Sihombing mengikuti kegiatan jalan santai dan senam yang dilaksanakan anggota DPRD Sumut JTP Hutabarat.

JTP Hutabarat sendiri merupakan salah satu bakal calon Bupati Taput yang telah mendaftar ke beberapa partai politik. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Minggu 16 Juni 2024 yang dimulai dari depan Gedung Serbaguna Tarutung menuju taman kota Tarutung. * (darwin nainggolan)