Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bantu Korban Bencana Mamuju, ACT Sumut Kirim Kapal Kemanusiaan

Kepala Cabang ACT Sumut Yessi Oktaviani saat memberikan keterangan terkait program kapal kemanusiaan di kantor ACT Sumut, Rabu (20/1/2021). suaratani.com-ika


SuaraTani.com-Medan| Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Utara (Sumut),  akan mengirimkan kapal kemanusiaan untuk disalurkan ke korban bencana gempa bumi di Mamuju dan Majene Sulawesi Barat (Sulbar). 

“Sebelumnya, ACT Sumut sudah pernah mengirimkan kapal kemanusiaan untuk gempa Lombok beberapa tahun lalu,” kata Kepala Cabang ACT Sumut, Yessi Oktaviani, di kantor cabang ACT Sumut, Jalan Abdullah Lubis Medan, Rabu (20/1/2021).

Ia mengatakan, untuk wilayah Sumatera, kapal kemanusiaan ini diharapkan bisa membawa 1.000 ton bantuan pangan yang dikirimkan melalui tiga  Pelabuhan, yakni Pelabuhan Belawan di Medan, Pelabuhan  Teluk Bayur di Padang dan Pelabuhan Panjang di Lampung. 

“Bantuan dari Sumatera ini akan melengkapi bantuan dari wilayah Jakarta yang sudah diberangkatkan dan bantuan dari Surabaya. Insha Allah yang dari Medan akan kita kirimkan dalam waktu dua hingga tiga pekan mendatang,” ujar Yessy.

Dikatakan Yessy, bantuan yang akan dikirimkan kali ini bukan hanya berupa bantuan pangan, pakaian mau pun makanan untuk bayi, tetapi juga bantuan masker.

“Karena bencana yang terjadi masih dalam suasana pandemi, jadi kita tetap perhatikan kesehatan saudara-saudara kita,” kata Yessy didampingi Marketing Communication ACT Sumut, Ilham Moehammad. 

Bagi ACT sendiri lanjut Yessy, program kapal kemanusiaan ini bukan hanya sekedar untuk menyalurkan bantuan semata, tetapi untuk menggalang energi kebersamaan dan kepedulian masyarakat Indonesia. 

“Untuk itu kami sudah membuka sejumlah posko bantuan di beberapa masjid dan juga kantor relawan MRI di samping posko utama di kantor ini,” tambahnya. 

Seperti diketahui, gempa bumi melanda kawasan Majene dan Mamuju Sulbar pada 14 dan 15 Januari 2021 lalu  mengakibatkan lebih dari 15.000 orang mengungsi. * (ika)