Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Januari, Inflasi Diperkirakan Masih Terkendali

 

Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu III Januari 2021, Bank Indonesia memperkirakan inflasi bulan Januari masih terkendali. suaratani.com-ist

SuaraTani.com - Medan| Bank Indonesia (BI)  mencatat, inflasi di bulan Januari berada pada level yang  rendah dan terkendali.  Hal ini menurut   Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu III Januari 2021. 

“Melihat perkembangan harga, maka pada bulan Januari 2021, diperkirakan inflasi sebesar 0,37% (mtm). Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Januari 2021 secara tahun kalender sebesar 0,37% (ytd), dan secara tahunan sebesar 1,67% (yoy),” ujar Erwin dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/1/2021).

Erwin menyebutkan, penyumbang utama inflasi yaitu cabai rawit sebesar 0,10% (mtm), tempe dan tahu masing- masing sebesar 0,03% (mtm), cabai merah dan tarif angkutan antarkota masing-masing sebesar 0,02% (mtm).

Daging ayam ras, ikan kembung, kacang panjang, bayam, kangkung, ikan tongkol, daging sapi, emas perhiasan, nasi dengan lauk dan tarif angkutan udara masing-masing sebesar 0,01% (mtm). 

“Sedangkan komoditas yang menyumbang deflasi pada periode laporan berasal dari komoditas telur ayam ras sebesar -0,05% (mtm) dan bawang merah sebesar -0,01% (mtm),” kata Erwin.

Bank Indonesia, kata dia, akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu, serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan. * (ika/ril).