Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kejar Target, Pemerintah Lakukan Vaksinasi Covid-19 Secara Massal

 

Presiden Jokowi didampingi Menkes Budi G Sadikin meninjau pelaksanaan vaksinasi massal bagi SDM Kesehatan, di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (4/2/2021). suaratani.com – setpres 

SuaraTani.com – Jakarta| Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, vaksinasi massal digelar untuk semakin mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi tenaga kesehatan agar Pemerintah dapat segera memulai pelaksanaan vaksinasi untuk tahap berikutnya.

Hal tersebut disampaikan Presiden usai meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang diperuntukkan bagi para sumber daya manusia (SDM) di sektor kesehatan, Kamis (4/2/2021). 

Vaksinasi massal tersebut digelar di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Meskipun di puskesmas-puskesmas dan rumah-rumah sakit di daerah sudah memulai vaksinasi, tapi kita ingin mempercepat proses vaksinasi ini sehingga tadi di Istora Gelora Bung Karno secara massal dimulai vaksinasi untuk tenaga kesehatan,” ujar Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, sekembalinya dari peninjauan.

Untuk diketahui, hingga saat ini, sebanyak 700.266 SDM Kesehatan memperoleh suntikan dosis vaksin Covid-19. Jumlah tersebut mencapai kurang lebih 45% dari target sebesar 1,5 juta SDM Kesehatan.

“Inilah yang ingin kita kejar sehingga kita bisa segera memulai yang di luar tenaga kesehatan. Kita harapkan vaksinasi bisa dipercepat,” tuturnya.

Saat melakukan peninjauan, Presiden yang didampingi oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin tiba di lokasi sekitar pukul 13.11 WIB. Sesaat setelah ketibaan tersebut, Presiden langsung meninjau jalannya alur pendaftaran peserta vaksinasi massal, proses penapisan kesehatan, hingga observasi yang dilakukan terhadap peserta yang telah menerima suntikan dosis vaksinasi di meja-meja yang telah disusun sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu, menjelaskan bahwa vaksinasi massal tersebut diperuntukkan bagi para tenaga kesehatan.

“Kita ketahui bersama bahwa tenaga kesehatan itu merupakan garda terdepan. Bapak Presiden berpesan bahwa tenaga kesehatan itu harus yang pertama dan harus selesai di bulan Februari ini untuk vaksin dosis pertama dan kedua,” ucapnya saat ditemui di lokasi.

Kegiatan vaksinasi massal serupa sebelumnya sudah pernah dilakukan di sejumlah wilayah lain seperti Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung.

Maxi menuturkan, pelaksanaan vaksinasi massal ini sekaligus persiapan untuk melakukan vaksinasi dengan jumlah peserta yang lebih besar pada tahap berikutnya yang diharapkan dapat selesai pada akhir April 2021 mendatang.

“Ini sekaligus latihan kita untuk melakukan vaksinasi secara massal seperti ini untuk mengantisipasi vaksinasi tahap berikut untuk (tenaga) pelayanan publik yang jumlahnya ada 18 juta supaya kita terbiasa,” ujarnya. * (jasmin)