Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tenaga Kesehatan di 12 Puskesmas Divaksinasi Sinovac

Kadis Kesehatan Taput, Alexander Gultom  menerima suntikan vaksin sinovac yang disuntikkan  Bidan Yanti Sinambela. suaratani.com - darwin nainggolan

SuaraTani.com-Taput| Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), melakukan vaksinasi covid-19 untuk  tenaga kesehatan di 12 puskesmas dari 21 puskesmas se-Taput, Sabtu (6/2/2021). 

Sebelum menerima suntukan vaksin sinovac seluruh penerima vaksin lebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan. 

Kepala Dinas Kesehatan Taput,  Alexander Gultom menerima suntikan vaksin di Puskesmas Hutabaginda, Kelurahan Hutatoruan VII, Kecamatan Tarutung. 

“Pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kesehatan (nakes) kita laksanakan secara serentak pada hari ini di 12 puskesmas dengan mengacu pada juknis pelaksaan vaksinasi yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia,” kata Alexander kepada wartawan, Sabtu (6/2/2021), usai di vaksin.

Alexander yang didampingi  Kabid Kesehatan Masyarakat, Dintar Hutabalian dan Kepala Seksi Surveiland Epidemiologi, dr Andi Sitompul, mengatakan, dirinya telah divaksin, karena itu jangan ragu dan jangan takut untuk divaksin covid-19. Karena vaksin tersebut aman, suci dan halal. 

“Vaksin ini juga salah satu cara memutus mata rantai penularan covid-19. Dengan harapan nantinya seluruh masyarakat Tapanuli Utara divaksin covid-19, sehingga terbentuk kekebalan komunal,” terangnya.

Hari ini, Pemkab Taput melaksanakan vaksinasi di  12 puskesmas dan  dihadiri Bupati Taput, Nikson Nababan guna  memastikan pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar. 

“Walaupun telah divaksin, kita sampaikan agar tetap melaksanakan prokes,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Hutabaginda, drg Susi Sihombing mengatakan, pihaknya sudah siap  melaksanakan vaksinasi ini.

“Jumlah Nakes yang ada di puskesmas Hutabaginda beserta jajarannya sebanyak 120 orang dan yang sudah mendapat E-tiket sebagai  penerima vaksinasi  sebanyak 70 orang dan pada gelombang pertama  sebanyak 34 orang,” jelasnya.

Sampai batas waktu vaksinasi yang ditentukan, kata dia, jumlah nakes yang mendapatkan vaksinasi  pada hari ini  (Sabtu-red) sebanyak 17 orang Nakes dan akan dilanjutkan lagi gelombang kedua,  Senin (8/2/2021).

“Kami harapkan  Senin mendatang ke 52 nakes dapat hadir untuk menerima vaksinasi ini,” jelasnya.

Dikatakan Susi, tenaga kesehatan yang bertugas dalam melaksanakan vaksinasi ini yakni, Bidan Yanti Sinambela yang kesehariannya bertugas di bidang pengelola imunisasi di Puskesmas Hutabaginda. * (darwin nainggolan)