Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Warga Kampung Sejahtera Dilatih Buat Sabun Berbahan Minyak Atsiri

Fasilitator memberi pelatihan cara memproduksi sabun berbahan baku minyak atsiri bagi warga Kampung Sejahtera yang berada di Jalan Zainul Arifin, Sabtu (27/2/2021). Pelatihan ini merupakan hasil kerja sama UKM JBM dengan PT TPL. suaratani.com-ist

SuaraTani.com - Medan| UKM Jurnalis Bina Mandiri (JBM) menggandeng PT Toba Pulp Lestari (TPL) memperkenalkan tanaman Eucalyptus sebagai pohon penghasil minyak atsiri yang diyakini bermanfaat menangkal virus covid-19. 

Pengenalan tanaman ini dilakukan di Kampung Sejahtera, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Sabtu (27/2/2021). 

Selain mengenalkan Eucalyptus, masyarakat juga diajari cara menyuling minyak atsiri dengan menggunakan alat tradisional dan juga cara pembuatan sabun berbahan minyak atsiri dengan melibatkan kalangan praktisi pembuatan sabun berbahan alami. 

"Harapannya, pengetahuan pembuatan sabun ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di sini," kata Koordinator Humas Medan PT TPL, Dedy Armaya di sela-sela kegiatan. 

Dijelaskannya, PT TPL dan UKM JBM akan menjadi pihak yang akan terus mendampingi masyarakat dalam memproduksi sabun tersebut. 

Pendampingan akan dilakukan sejak awal dan menyeluruh, yakni mulai dari penanaman bibit Eucalyptus yang dilakukan sejak tahun lalu di Kampung Sejahtera, proses penyulingan minyak hingga membuat produk-produk turunan dari minyak eucalyptus tersebut. 

"Bahkan untuk mencari pasarnya juga nanti akan kita bantu. Jadi kami minta agar masyarakat fokus saja memproduksi," ujarnya.

Hal yang sama disampaikan pengurus UKM JBM, Fakhruddin Pohan. Ia berharap masyarakat fokus saja memproduksi sabun bermanfaat tersebut, sebab ia yakin ini akan mampu menambah penghasilan masyarakat. 

"Kami berkomitmen membantu masyarakat agar kita bersama-sama dapat mengembangkan kegiatan yang produktif seperti ini. Ini menjadi kegiatan awal karena selanjutnya masih akan ada pendampingan bahkan hingga mengurus berbagai perizinan-perizinan nantinya," ujarnya. 

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Ikatan Pekerja Sosial Nasional (IPSN). Koordintor Wilayah I IPSN Erliyanto Harahap mengatakan siap mendukung agar kegiatan ini semakin berkembang. 

"Apa yang dibutuhkan kami siap membantu. Termasuk memasarkannya hingga ke manca negara. Tugas anda semua adalah buatlah produk ini dengan kualitas yang tinggi," tutupnya. * (ika/ril)