Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Anggota CU Maju Tarutung Desak Pengurus Usut Penyebar Isu Miring

Pertemuan  anggota lama KSP CU Maju Tarutung  dengan pengurus. suaratani.com - darwin nainggolan

SuaraTani.com – Taput| Sebanyak seratus anggota lama KSP CU Maju Tarutung tetap percaya dan konsisten  kepada pengurus dan mereka menyatakan sikap tegas bila ada pihak-pihak yang sengaja menyebarkan isu miring dan provokasi agar diusut.

Sikap tegas ini dicetuskan saat pertemuan Ketua KSP CU Maju Tarutung, Maiddun Mahulae dengan 100 anggota lama CU sebagai tindakan cepat menepis isu miring yang menerpa CU yang beranggota 10.089 orang tersebut. 

Dalam pertemuan  yang dilaksanakan Selasa (30/3/2021)  di Aula Yayasan St Yoseph, Jalan DI Panjaitan Tarutung, tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes).

Ketua CU Maju, Maiddun Mahulae,  didampingi Pengawas Risda Turnip  menjelaskan  pengertian dan hakikat Credit Union atau CU.

Credit Union ini berasal dari kata “Credo”, berarti percaya.  Jadi credit Union artinya, kumpulan orang yang saling percaya dalam satu ikatan pemersatu yang bersepakat untuk menabungkan uang mereka sehingga menciptakan modal bersama guna dipinjamkan di antara sesama dengan bunga pinjaman yang ringan untuk tujuan produktif dan kesejahteraan.

Mengacu pada pengertian ini, Maiddun kepada peserta menekankan untuk saling percaya. Anggota percaya kepada pengurus untuk mengelolah keuangan demi kemajuan CU, seiring itu, pengurus juga percaya kepada anggota dengan memberikan pinjaman sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kami tidak main-main dengan kepercayaan anggota. Karena itu saya jamin 100% uang anggota aman,” tegas Maiddun meyakinkan anggota.

Menepis isu miring yang menyebut, “uang anggota bisa hilang kalau korupsi berjemaah”. 

“Bagaimana mungkin, kami menyalahgunakan wewenang (abuse of power) atau melarikan uang, sementara semua proses uang keluar masuk menggunakan sistim komputerisasi, tanpa bersentuhan dengan uang tunai. Belum lagi melalui mekanisme yang panjang, mulai dari ketua, bendahara, lalu ke karyawan untuk pelayanan kepada anggota,” jelasnya.

Dari proses ini sebut Maiddun, tidak mungkin salah seorang karyawan atau pengurus bisa menggelapkan uang anggota. 

“Lagi pula transpransi kita bangun dengan sistim aplikasi Smart CU, dimana setiap anggota bisa melihat langsung saldo tabungannya. Jangan termakan isu miring menyebut CU Maju bisa mengalami kolaps,” kata   Maiddun lagi.

Ia juga menegaskan CU Maju Tarutung tidak bisa disamakan dengan CU-CU lain.

“CU kita sehat, kuat dan aman, uang CU kini sudah mencapai Rp135 milliar, belum lagu asset juga dana cadangan tersedia.  Apa lagi yang diragukan?” pungkas Maiddun.

Tentang asset, ia mengurai, asset atau harta terdiri dari dua bagian yaitu, harta lancar/aktiva lancar, adalah suatu harta yang dimiliki oleh KSP CU Maju yang jangka waktu penggunaannya kurang dari setahun. 

Asset tetap sesuatu kekayaan yang dimiliki oleh KSP CU Maju yang sifatnya atau jangka waktu penggunaannya lebih dari satu tahun buku.

Kantor CU Maju Tarutung, tanah dan bangunan yang terpaksa harus dibeli dengan harga pasaran karena pinjaman anggota yang bersangkutan bermasalah atau keredit macet. Asset tetap sebesar Rp16.764.293.000. Dengan kondisi asset lancar dan tetap, KSP CU Maju Tarutung  memiliki asset sebesar Rp135.032.153.651.

“Kami pengurus tetap berinovasi untuk meningkatkan perkembangan CU selain kondisi asset, untuk mengantisipasi kerugian hasil usaha maka sekurang-kurangnya 25% harus disimpan di bank lain dan 15%  dari jumlah cadangan untuk perluasan usaha koperasi. Itu sudah dilakukan pengurus,” terang Maiddun.

Mendengar penuturan Ketua KSP CU Maju Tarutung, Maiddun Mahulae ditambah lagi paparan dari pengawas, membuat para anggota yang mendengar penjalasan semakin percaya bahwa isu miring yang dihenduskan sengaja dilakukan untuk merusak reputasi pengurus.

Dalam sesi saran dan usul, peserta mengapresiasi dan masih mempercayai kepengurusan di bawah kendali Ketua Maiddun Mahulae mengelola KSP CU Maju Tarutung.

Peserta usulkan jika ada pihak-pihak yang memprovokasi, sengaja menyebarluaskan isu miring perjalanan CU Maju Tarutung, diminta untuk diusut dan diproses secara hukum.

“Kita harus berkomitmen dan siap mendukung untuk membersihkan CU dari prasangka-prasangka buruk,” pinta para peserta dan memohon agar pengurus menginformasikan lewat media, faktanya KSP CU Maju Tarutung tetap dalam kondisi sehat, kuat dan aman.* (darwin nainggolan)