Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BEI Luncurkan empat Terobosan Inovasi Edukasi Digital

Direktur Utama PT BEI berfoto bersama  Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen dan perwakilan dari sejumlah Anggota Bursa saat acara Inovasi Edukasi Digital untuk Pasar Modal Indonesia yang dirangkaikan dengan  peluncuran empat terobosan inovasi digital yang digelar secara virtual, Jumat (12/3/2021). suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Keuangan (OJK) meluncurkan empat terobosan baru inovasi edukasi digital, Jumat (12/3/2021). 

Peluncuran empat terobosan ini bersamaan dengan penyelenggaraan acara Inovasi Edukasi Digital untuk Pasar Modal Indonesia bersama Self-Regulatory Organization (SRO) lainnya, yakni PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dengan didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan. 

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, OJK Hoesen pada kesempatan tersebut mengatakan, empat terobosan baru ini sejalan dengan upaya SRO dan OJK dalam menyediakan sarana edukasi kepada masyaraka. 

“Terutama yang berbasis digital, untuk meningkatkan pertumbuhan investor dari kalangan akademisi dan stakeholder di tengah dampak pandemi Covid-19,” ujar Hoesen saat memberikan kata sambutan. 

Direktur Utama BEI, Inarno Djajadi menyebutkan, empat terobosan baru tersebut terdiri dari IDX Virtual Tour 360, Halaman Edukasi Investasi di Website BEI dan Modul Sekolah Pasar Modal Digital, Kompetisi Galeri Investasi BEI: IDX GI-a-thon, serta konsep Galeri Investasi Edukasi BEI dan Galeri Investasi Digital BEI

“Terobosan tersebut merupakan respon atas masifnya pertumbuhan investor baru pada awal tahun 2021 ini yang melanjutkan tren positif tahun 2020, tahun kebangkitan investor ritel dalam negeri,” terang Inarno.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi menyampaikan, mulai hari ini beberapa inisiatif digital yang disiapkan dapat digunakan bersama untuk kepentingan edukasi pasar modal.

Inisiatif pertama adalah IDX Virtual Tour 360, video berteknologi realitas maya yang dapat diakses dari YouTube channel Indonesia Stock Exchange. Hal ini BEI lakukan untuk mengakomodasi keingintahuan dan antusiasme para pelajar di seluruh Indonesia.

Halaman Edukasi Investasi pada Website BEI, yang di dalamnya terdapat beberapa Modul Sekolah Pasar Modal Digital, adalah inisiatif kedua. Melalui halaman ini, lanjut Hasan, calon investor akan mendapatkan dasar-dasar pendidikan pasar modal yang dapat diakses kapanpun di Website BEI. 

Inisiatif ketiga adalah sebuah bentuk apresiasi BEI kepada Galeri Investasi (GI) BEI yang tetap aktif mengupayakan edukasi pasar modal meskipun terdapat keterbatasan akibat pandemi, dan kepada Anggota Bursa Mitra GI BEI yang mengoptimalkan simplifikasi pembukaan rekening efek. Apresiasi tersebut berupa sebuah program tantangan digital, yaitu IDX GI-a-thon.

“Untuk itu, kepada Kantor Perwakilan BEI, Anggota Bursa Mitra GI BEI, bersiaplah, karena bendera start akan kami kibarkan tepat pada 1 April 2021 mendatang,” kata Hasan.

Inisiatif terakhir dan tidak kalah penting, ujar Hasan, BEI menyiapkan dua konsep baru kerja sama GI. Konsep baru GI ini dapat diadopsi oleh GI BEI dan Anggota Bursa Mitra GI BEI untuk meningkatkan sinergi serta kolaborasi dari setiap stakeholders pasar modal yang sejalan dengan percepatan dunia digital. 

Sampai dengan Februari 2021, jumlah investor Pasar Modal Indonesia telah mencapai 4.515.103 investor, meningkat 16,35% atau penambahan 634.350 investor dibandingkan dengan jumlah investor di akhir tahun 2020. * (ika/ril)