Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Lantik Pj Bupati Labuhanbatu, Labusel dan Samosir, Gubernur Minta Bersikap Netral

Gubernur Edy Rahmayadi  melantik Pejabat Bupati Samosir, Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rabu (31/3/2021). suaratani.com-ist 

SuaraTani.com - Medan| Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi  meminta pejabat (Pj) Bupati Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan (Labusel) yang baru dilantik bekerja dengan bersikap netral  serta mensukseskan Pemilihan Suara Ulang (PSU) yang akan dilaksanakan pada 24 April 2021.

Permintaan itu disampaikan Edy Rahmayadi saat melantik  Pj Bupati Labuhanbatu,  Labusel dan juga Samosir di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Medan No.41, Rabu (31/3/2021).

"Saya ingatkan tidak ada urusan anda mengikuti, memilih, karena anda tidak punya hak melakukan pemilihan di tempat itu. Saya minta fasilitasi masyarakat yang akan melakukan pemungutan ulang dalam proses demokrasi dari keputusan MK yang sama-sama kita ketahui," kata Gubernur Edy saat membacakan amanatnya. 

Edy Rahmayadi  juga meminta untuk melakukan komunikasi dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda untuk sama-sama mengawal jalannya proses demokrasi tersebut. 

"Walaupun masa tugasnya pendek, tetapi anda sangat menentukan keharmonisan wilayah," imbuhnya.

Ketiga Pj yang dilantik yakni Harianto Butarbutar selaku Pj Bupati Samosir, Mulyadi Simatupang sebagai Pj Bupati Labuhanbatu dan Alfi Syahriza sebagai Pj Bupati Labusel.

Pj Bupati yang dilantik ini untuk mengisi kekosongan masa jabatan kepala daerah yang menyelenggarakan Pilkada 2020. Ketiga daerah ini terdapat sengketa perselisihan hasil pemilihan sehingga pelantikan kepala daerah hasil Pilkada belum dilakukan. 

Sengketa Pilkada Samosir sebetulnya sudah diputuskan dan MK menolak permohonan pasangan Rapidin Simbolon-Juang Sinaga. KPU Samosir juga telah menetapkan pasangan Vandiko Gultom-Martua Sitanggang sebagai pasangan calon terpilih. 

Sebelum keputusan MK dibacakan, Pemprov Sumut terlanjur mengajukan pengisian Pj Bupati ke Kemendagri. Sesuai ketentuan, masa jabatan seorang Pj Bupati adalah paling lama satu tahun. 

Sementara itu, Pj Bupati Labuhanbatu Selatan Alfi Syahriza yang ditanya wartawan perihal kesiapan pelaksanaan PSU mengaku akan segera berkoordinasi dengan para pihak terkait. 

"Kita akan lakukan sesuai arahan yang disampaikan oleh Pak Gubernur," kata Alfi. 

Sebanyak 16 TPS di Labuhanbatu Selatan akan melaksanakan PSU. Di Labuhanbatu, di 9 TPS akan digelar PSU serta di Mandailing Natal sebanyak 3 TPS akan menggelar PSU. PSU serentak dilaksanakan Sabtu, 24 April mendatang. * (ika)