Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Lebih Murah Dibandingkan Produksi Malaysia, Harga CPO Sumut Rp10.461,51/Kg

Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) produksi Sumatera untuk satu pekan ke depan di banderol di level Rp10.461,51 per kg untuk ekspor dan pasar lokal. suaratani.com-dok

SuaraTani.com - Medan| Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) produksi Sumatera untuk satu pekan ke depan di banderol di level Rp10.461,51 per kg untuk ekspor dan pasar lokal.

Sedangkan untuk harga kernel di pasar lokal rata-rata di posisi Rp7.424,50 per kg, belum termasuk pajak pertambahan nilai (PPN), dengan faktor K sebesar 88,71 persen.

Angka ini berlaku selama tanggal 17 hingga 23 Maret 2021, berdasarkan hasil keputusan Rapat Kelompok Kerja Teknis Tim Perumus Harga TBS Kelapa Sawit Produksi Petani Sumatera Utara yang digelar di Aula Dinas Perkebunan Sumut, Rabu (17/3/2021).

Tren perkembangan harga minyak sawit mentah/crude palm oil (CPO) dalam satu bulan terakhir mengalami kenaikan yang cukup signifikan. 

Harga  CPO naik mendekati RM3.800 per ton atau sekitar Rp13,31 juta per ton atau Rp13.315 per kg. Sebelumnya harga CPO  sempat turun dikisaran RM3.400-an. 

Secara meyakinkan mengalami kenaikan yang cukup signifikan belakangan ini. Saat ini harga CPO ditransaksikan di kisaran level RM3.784 per ton di akhir pekan kemarin.

Pemerhati ekonomi Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin mengatakan, faktor yang paling dominan mendorong kenaikan harga CPO adalah meroketnya harga minyak mentah dunia. 

Untuk jenis WTI, harga minyak mentah mengalami kenaikan dalam sebulan terakhir. Dari kisaran $52 per barel, saat ini berada dikisaran $62 per barel.

Kenaikan harga minyak mentah tersebut terjadi disaat sejumlah negara OPEC sepakat dalam pemangkasan output sebelumnya. Hal inilah yang menjadi akar kenaikan harga komoditas lainnya termasuk CPO. Dimana CPO juga menjadi bahan baku pembuatan bio diesel yang tentunya diuntungkan dengan kenaikan harga minyak mentah dunia. *(Putri)