Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemkab Taput Bantu Warga Korban Puting Beliung

Ketua TP  PKK Taput Satika Simamora memberi kata penghiburan kepada masyarakat yang terdampak bencana angin puting beliung di Gereja GKPI Siraja Hutagalung. suaratani.com - darwin nainggolan

SuaraTani.com – Taput| Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Pemkab Taput) memberikan bantuan kepada warga Kecamatan Siatas Barita dan Tarutung yang menjadi korban bencana alam puting beliung yang terjadi pada Senin (8/3/2021).

Bantuan yang diberikan berupa sembako seperti mie instan, beras, telur, susu, gula pasir, minyak goreng dan material bahan bangunan. Pemberian bantuan dilaksanakan di Gereja GKPI Desa Siraja Hutagalung, Selasa (9/3/2021).

Bantuan dari pemerintah daerah ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Taput, Indra Simaremare bersama Ketua TP PKK Satika Simamora, Kapolres Taput AKBP M Saleh, Kasdim 0210/TU Mayor Ojak Simarmata dan Adhy Limbong mewakili Kejaksaan Negeri Tarutung.

“Bupati Taput, Nikson Nababan bersama seluruh jajaran Pemkab turut merasa prihatin atas bencana alam yang menimpa warga,” ungkap Sekda Indra Simaremare mengawali sambutannya.

Dikatakannya,  saat ini Pemkab Taput sedang melakukan pendataan jumlah korban yang terdampak dan menghitung kerugian material oleh dinas terkait bersama perangkat kecamatan dan desa. 

"Pembenahan rumah akan segera dilakukan agar layak dihuni kembali. Bantuan material bangunan yang akan diberikan akan disesuaikan dengan kerusakan yang dialami," ujar Indra Simaremare.

Sementara itu, Ketua TP PKK, Satika Simamora kepada warga yang terdampak mengimbau agar tabah menghadapi bencana yang kerap terjadi tiap tahunnya di Desa Siraja Hutagalung.

"Mari berpikir positif. Anggaplah bencana yang terjadi sebuah jawaban bahwa rumah kita memang sudah saatnya dilakukan renovasi atau dibangun ulang," hibur Satika.

“Kita harus sama-sama mengatasi dan menyelesaikan musibah yang menimpa warga akibat puting beliung. Karena kerap terjadi tiap tahun, instansi terkait harus memberi solusi bagaimana mengantisipasi dampak terburuk bila puting beliung kembali menerpa," ujar Satika Simamora.

Dari data yang diterima, sebanyak 120 rumah rusak akibat diterjang puting beliung.* (darwin nainggolan)