Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Rupiah dan IHSG Perkasa di Akhir Pekan

Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin mengatakan, stimulus dan langkah ECB yang akan masuk ke pasar obligasi menjadi kabar baik bagi pasar keuangan hari ini. suaratani.com - dok
 

SuaraTani.com - Medan| Kesepakatan stimulus, ditambah dengan rencana Bank Sentral Eropa (ECB) yang akan memberlakukan quantitative easing menjadi katalis penguatan bursa di dunia. 

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sendiri pada perdagangan hari ini menguat tajam berkisar 1,49% di level 6.358,21. Penguatan IHSG seirama dengan penguatan sejumlah bursa di Asia maupun bursa global pada umumnya. 

Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin mengatakan, stimulus dan langkah ECB yang akan masuk ke pasar obligasi menjadi kabar baik bagi pasar keuangan hari ini. 

Kebijakan yang diambil ECB juga mendongkrak kinerja bursa saham di Eropa. Sejauh ini pasar memang mengkuatirkan adanya kebijakan guna mengantisipasi pemulihan ekonomi kedepan. 

“Dan langkah yang ditakutkan itu adalah pengurangan pembelian obligasi oleh Bank Sentral, yang bisa membuat likuiditas pasar keuangan akan lebih banyak dibanjiri dana investor. Walaupun pada dasarnya kita tidak bisa menghindari kemungkinan tersebut di masa yang akan datang. Kunci pemulihan terletak pada vaksinasi. Dan sejauh ini kita melihat bahwa perang terhadap Covid-19 perlahan mulai membuahkan hasil,” ujar Gunawan di Medan, Jumat (12/3/2021).

Stimulus di Amerika Serikat (AS) dan langkah ECB ke depan,  menjadi pemicu kinerja mata uang Rupiah yang menguat terhadap US Dolar. Rupiah ditutup menguat di level 13.385 per US Dolar. Meskipun Rupiah di perdagangan sore terlihat lebih rendah dibandingkan dengan sesi perdagangan pertama hari ini. * (ika)