Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tim BBKSDA Sumut Diserang Orang Tidak Dikenal

Petugas menunjukkan mobil yang mengalami kerusakan karena dilempar orang tidak dikenal, Senin (22/3/2021). suaratani.com-ist 

SuaraTani.com-Medan| Aksi tidak terpuji berupa lemparan terhadap kendaraan yang ditumpangi tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara (Sumut) dilakukan sejumlah oknum tidak dikenal, Senin (22/3/2021) di kawasan Kota Binjai. 

Kepala Bagian Tata Usaha BBKSDA Sumut, Teguh Setiawan mengatakan, aksi pelemparan terhadap kendaraan tersebut terjadi setelah tim meninggalkan rumah milik seorang tokoh masyarakat yang diketahui memelihara Orangutan (OU). 

“Jadi tim meninggalkan kediaman tokoh masyarakat tersebut setelah terjadi kesepakatan kalau OU akan diserahkan secara sukarela pada minggu depan,” ujar Teguh Setiawan ketika dihubungi, Senin (22/3/2021) sore. 

Akibat lemparan yang dilakukan  massa tak jauh dari kediaman tokoh masyarakat tersebut, dua unit mobil yang ditumpangi tim mengalami kerusakan pecah kaca di bagian samping. 

“Untuk menyelamatkan diri, tim menyelamatkan diri ke Markas Brimob yang tak jauh dari lokasi sebelum kemudian kami membuat laporan ke Polres Binjai,” kata Teguh. 

Dengan kondisi ini lanjutnya, pihak BBKSDA pun membatalkan kesepakatan sebelumnya yang untuk mengijinkan OU baru diserahkan pada minggu depan. 

“Karena kita jadinya khawatir OU akan dibawa kabur. Jadi tim kami sudah kembali mendatangi kediaman yang bersangkutan untuk menjemput,” tambahnya. 

Teguh sendiri belum bisa memastikan jenis kelamin mau pun umur Orangutan tersebut, termasuk apakah ada satwa dilindungi lainnya yang dipelihara. 

“Saya belum dapat datanya termasuk akan dibawa kemana Orangutan itu, apakah langsung kita titipkan ke Batu Mbelin atau tidak,” pungkasnya. * (ika)