Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jelang Idul Adha, Harga Bahan Pokok Stabil

Seorang konsumen memilih buah tomat yang akan dibeli di salah satu pasar tradisional di Kota Medan. Jelang Hari Raya Idul Adha, harga bapok stabil.suaratani.com-ist


SuaraTani.com – Medan| Harga komoditi di Pasar Pusat Pasar Medan tetap standar, menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Selasa (20/7/2021) besok.  

Salah seorang pedagang daging ayam potong di Pusat Pasar Medan, Regar mengungkapkan, harga daging ayam potong dibanderol antara Rp25 ribu hingga Rp26 ribu per kilogram (kg). 

"Harga daging ayam tetap saja, tidak ada kenaikan. Sekarang dibanderol Rp25-26 ribu. Persediaan aman tapi pembeli sepi," kata Regar, Senin (19/7/2021). 

Tak hanya daging ayam, harga daging kambing mau pun daging lembu juga tidak mengalami kenaikan. 

Faisal, pedagang daging kambing menyebutkan, harga daging kambing dibanderol Rp85 ribu per kg dan harga daging lembu berkisar Rp120-130 ribu per kg. 

"Tetap sama harga daging, gak ada naik. Hanya lihat lah ini sepi kali. Berbeda dengan tahun lalu sempat ramai sedikit, namun ini turun 50% permintaan. Kita berharap keadaan ini dapat normal kembali," kata Faisal. 

Berbeda dengan harga daging, harga sayur-mayur mengalami kenaikan berhubung persediaan sedang berkurang. 

"Untuk harga cabai merah biasa saja dibanderol Rp40 ribu per kg, harga cabai rawit dan cabai caplak naik karena stok berkurang. Cabai rawit dari Rp40 ribu jadi Rp44 ribu per kg, dan cabai caplak kemungkinan Rp80 ribu per kg, tapi kita gak jual karena gak ada stok," kata Sadrak, penjual sayur-mayur. 

Sementara untuk harga komoditi bawang menurut Sadrak stabil. Seperti bawang merah biasa dibanderol Rp20 ribu per kg, bawang merah jawa dibanderol Rp30 ribu per kg, dan bawang putih dibanderol Rp28 ribu kg. 

Lalu harga tomat Rp8 ribu per kg dan kentang Rp10 ribu per kg. 

"Harga sayur juga naik tapi persediaan kami kosong. Ditambah pembeli juga turun hingga 50% bahkan hari ini hanya sekitar 20% saja jumlah pembeli," tutupnya. *(ika)