Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pembudidaya Lele di Jatim Rasakan Manfaat Pinjaman Modal dari KKP

Mulyono (68), pembudidaya lele di Desa Slamet Wiroto, Tumpang, Malang, Jawa Timur (Jatim)  telah merasakan manfaat pinjaman modal untuk pengembangan usaha budidaya lelenya. suaratani.com - ist

SuaraTani.com – Jakarta| Para pembudidaya lele merasakan manfaat pinjaman modal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP) di masa pandemi ini. 

Mulyono (68), yang berdomisili di Desa Slamet Wiroto, Tumpang, Malang, Jawa Timur (Jatim) misalnya, telah merasakan manfaat pinjaman modal untuk pengembangan usaha budidaya lelenya.

"Bantuan ini sangat membantu sekali, dulu kan kolamnya cuma 25 sekarang nambah menjadi 31. Dulu 120 bibit lele per kolam sekarang 160 sampai 170 bibit lele per kolam," jelas pria yang akrab dipanggil Mbah Mul itu, dalam siaran pers Humas KKP, Sabtu (17/7/2021).

Mbah Mul melakukan peminjaman sebesar Rp100 juta pada Desember 2020 lalu untuk modal membeli lahan, penambahan kolam, dan pakan lele. Semuanya dikhususkan untuk usaha seperti yang sudah diamanatkan oleh Pendamping LPMUKP.

"Pak Ahmad (Pendamping) benar-benar disuruh mentaati, kalau uang untuk usaha ya untuk usaha tidak yang lain-lain. Untuk membayar cicilan lewat bank, tapi dia yang datang sendiri untuk mengambil cicilannya. Itu meringankan sekali," terangnya.

Di masa pandemi yang menyebabkan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat seperti sekarang ini, aktivitas usaha Mbah Mul mengalami penurunan. 

"Merosot sekali, baru lancar kemarin, sekarang ada PPKM. Biasa satu hari kirim 3-4 kuintal, sekarang cuma sedikit," ungkapnya.

Meskipun demikian, usaha Mbah Mul tetap berjalan dan tidak pernah mengalami kegagalan dalam membayar cicilan. Bahkan dengan kemudahan yang didapatkan dari LPMUKP, Mbah Mul yang telah memulai usahanya sejak 2005 tersebut, ingin melakukan peminjaman kembali untuk perluasan kolam lele.

"Pas minjam itu masih lancar-lancar saja, nggak ada hambatan sama sekali. Belum pernah gagal, cicilan juga. Inginnya nambah kolam lagi. Lahan sudah ada nanti mau buka kolam lagi," jelasnya.* (putri)