Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

TPL Serahkan 450 Bibit Alpukat kepada Masyarakat Dusun Lobu Nauli

Benriko purba menyerahkan bibit alpukat kepada perwakilan masyarakat Dusun Lobu Nauli, Desa Sabungan Nihuta 4, Kecamatan Sipahutar. suaratani.com - darwin nainggolan

SuaraTani.com – Taput| PT Toba Pulp Lestari Tbk melalui Bagian Tanaman Kehidupan dan Intercorp, Benriko Purba menyerahkan bantuan sebanyak 450 batang bibit alpukat kepada masyarakat Dusun Lobu Nauli, Desa Sabungan Nihuta 4, Kecamatan Sipahutar, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Senin (19/7/2021).

Benriko dalam sambutannya mengatakan, jika bibit bantuan yang diserahkan mati maka pihak TPL akan menggantinya, kecuali jika ada unsur kesengajaan dimatikan.

“Misalnya,  tanaman sengaja dipatahkan atau tidak dirawat. Itu tidak akan kita ganti. Karena itu, kami akan tetap melakukan pemantauan. Jadi, tidak semata-mata diserahkan begitu saja,” jelasnya.

Mengenai permintaan masyarakat mengenai tanaman tumpang sari, Benriko mengatakan, pihak TPL sudah mengalokasikan anggarannya, hanya saja saat ini ada kendala, perlu dilakukan langkah-langkah pendekatan bagaimana caranya supaya cepat terealisasi.

Ia berharap komunikasi yang baik dari masyarakat  tetap terjalin  dengan pihak TPL.

"Bagaimana pun keputusannya berdasarkan kelompok, kami hanya mengurus bagaimana bantuan ini bisa tumbuh dan memeroleh hasil," terang Benriko Purba.

Sementara itu, Kepala Desa Sabungan Nihuta 4, Partomuan Simanjuntak mengapresiasi kepedulian pihak TPL yang memberikan bantuan kepada masyarakat.

Partomuan mengatakan, bantuan bibit yang diserahkan pihak TPL bukan hanya sekali ini saja mereka terima. Sebelumnya, Dusun Napa sudah menerima bibit kopi, kemenyan, aren serta bantuan pupuk.

“Kita sangat berterimakasih atas respon dari pihak TPL, di samping bantuan tersebut mampu membantu perekonomian masyarat. Kami juga sudah mengusulkan supaya pihak TPL mambantu masyarakat dalam pengelolaan tanaman tumpang sari di lahan seluas 20 hektare, semoga usulan kami ini cepat terealisasi," ujar Partomuan.

Ketua Gapoktan Dusun Napa, membenarkan pihaknya sudah lebih dulu menerima bantuan dari pihak TPL, yakni bantuan bibit kopi dan kemenyan. Dan, saat ini kopinya sudah berbuah.

“Kami mengucapkan terima atas bantuan yang diberikan, semoga bantuan ini bisa mendongkrak perekonomian kami," jelasnya. * (darwin Nainggolan).