Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Usai Pelantikan, Bupati Ajak LADN Taput Kerjasama Putus Rantai Penyebaran Covid-19

Bupati Taput.Nikson Nababan (kiri) menyerahkan SK kepengurusan LADN periode 2021-2026 yang diterima Ketua terpilih, Maslan Sinaga. suaratani.com - darwin nainggolan

SuaraTani.com-Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan bersama Forkopimda Taput melantik  pengurus Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN) Kabupaten Taput masa bakti tahun 2021-2026, di Aula Martua Kantor Bupati Taput, Rabu (21/7/2021). 

Turut mendampingi Bupati dalam pelantikan tersebut,  Staf Ahli Administrasi Umum, Donna Situmeang,  Asisten Ekonomi Pembangunan Osmar Silalahi, dan Kepala Dinas Pemdes, Donny Simamora.

Dalam arahannya, Bupati Nikson mengatakan, LADN sebagai mitra Pemkab Taput membutuhkan masukan dan saran, untuk Pembangunan Kabupaten Taput, terutama dalam situasi covid-19 saat ini. 

“Kami mohon kerjasamanya agar LADN ikut berpartisipasi mengajak masyarakat untuk tidak melakukan pesta, pesta adat, atau yang menimbulkan keramaian dalam mendukung Pemkab memutus rantai  penyebaran covid-19. Ini semua demi kebaikan dan keselamatan kita bersama,” jelas Nikson.

Dikatakannya, bagaimana LADN menyampaikan terobosan-terobosan seperti penyederhanaan adat, pembinaan anak-anak muda dan penyalahgunaan media sosial, tanah adat, tanah ulayat. 

“Mari bersama-sama kita wujudkan visi misi kita," ujar Bupati.

Bupati juga menjelaskan mengapa dirinya masih fokus terhadap pembangunan infrastruktur. Itu karena, kunci perekonomian adalah ketersediaan infrastruktur. 

“Kita harus mengukir sejarah dengan  prestasi untuk Tapanuli Utara. Sebagai mitra, saya mengajak LADN memberikan kontribusi dalam membangun generasi muda, adat dan sektor lainnya," tegas Bupati.

Sementara itu, Ketua LADN  Taput terpilih masa bakti 2021-2026, Maslan Sinaga menyampaikan bahwa kedudukannya sebagai Ketua LADN bukan lebih hebat, lebih paham, lebih mampu tapi atas kepercayaan dan kerjasama yang diberikan kepadanya.

 "Kita sebagai mitra pemerintah harus ikut mendukung dan komit  membantu kinerja Pemkab Taput.  Mari kita berikan buah pikiran kita terutama dalam adat budaya untuk kita promosikan ke luar kabupaten,” jelasnya. 

Maslan juga mengajak seluruh anggota LADN  untuk kompak,  solid dan tidak ada persepsi negatif di antara pengurus, jangan mudah di pecah belah. * (darwin nainggolan)