Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ini Program KBI Lakukan Transformasi Human Capital, Diantaranya Pemberian Bea Siswa S2

Ilustrasi.  PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) saat ini tengah dalam proses transformasi bisnis dalam upaya menuju digital corporation. suaratani.com - ist

SuaraTani.com – Jakarta| PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI saat ini tengah dalam proses transformasi bisnis dalam upaya menuju digital corporation. Karena itu, sumber daya manusia (SDM) yang ada juga dituntut untuk bisa melakukan transformasi ke arah digital. 

“Berbagai program telah dan sedang kami jalankan dalam upaya menjadikan SDM yang unggul, memiliki pemikiran atau mindset digital dan  agile dalam menghadapi perubahan,” kata Direktur Utama PT  KBI (Persero), Fajar Wibhiyadi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/9/2021).

Hal itu disampaikan Fajar terkait pernyataan Menteri Negara BUMN Erick Thohir yang terus mendorong BUMN untuk melakukan transformasi di Human Capital atau sumber daya manusia. 

Menurut Erick Thohir, transformasi yang dilakukan di BUMN tidak mungkin terjadi kalau tidak ada transformasi terkait sumber daya manusia. Selain itu, transformasi sumber daya manusia ini harus dijalankan secara berkelanjutan. 

“Transformasi SDM di KBI sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu, dan ini merupakan bagian dari transformasi korporasi KBI. Dan,  KBI sendiri saat ini tengah dalam proses transformasi bisnis dalam upaya menuju digital corporation,” kata Fajar.

Fajar mengatakan, korporasi merah putih yang bergerak dalam lini usaha sebagai Lembaga Kliring di Perdagangan Berjangka Komoditi dan Pasar Fisik Komoditas serta Pusat Registrasi Resi Gudang ini memiliki karyawan yang ramping. 

Dengan jumlah kurang dari 50 orang, justeru menjadikan BUMN ini memiliki catatan mengkilap terkait Nett Profit per Employee. Di tahun 2017 Nett Profit per Employee tercatat sebesar Rp192 Juta, tahun 2018 sebesar Rp483 juta, tahun 2019 sebesar Rp799 juta, dan di tahun 2020 sebesar Rp1,208 miliar.

Menurut Fajar, proses transformasi SDM  tentunya memiliki tantangan tersendiri, karena harus menyiapkan SDM yang ada untuk bisa memiliki skill yang mampu menjawab tantangan ke depan. 

Untuk itu, KBI telah menjalankan berbagai program pengembangan, baik dari sisi soft skill maupun hard skill. Bahkan, KBI juga memberikan bea siswa bagi karyawan yang memiliki kemampuan untuk melanjutkan ke level pendidikan S2. 

“Dalam hal bea siswa ini,  kami tidak melihat dari sisi cost semata, namun lebih ke investasi SDM, dimana dalam waktu ke depan karyawan yang mendapatkan bea siswa pendidikan S2 ini mampu menjadi ujung tombak korporasi,” terang Fajar.

Keseriusan KBI dalam melakukan transformasi SDM terlihat dari program Leadership Development Program (LDP) yang dijalankan. LDP merupakan program yang didesain khusus untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul serta agile dan memiliki digital mindset.

“Program ini merupakan upaya KBI dalam melakukan percepatan atas kebutuhan transformasi sumber daya manusia yang ada. Selain itu, KBI juga menjalankan talent pool untuk memetakan potensi dari semua karyawan,” jelasnya.

Terkait transformasi SDM, menurut Fajar, ke depan KBI akan terus menjalankan secara berkelanjutan mengingat  korporasi harus tetap sustain, dan itu semua membutuhkan SDM yang handal, lincah dan tentunya menjalankan AKHLAK yang telah dicanangkan sebagai core values seluruh BUMN. * (junita sianturi)