Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Labuhanbatu Gelar Vaksinasi Merdeka Secara Serentak

Pemkab Labuhanbatu, berkordinasi antara Staf Kepresidenan, Kepolisian Resor Labuhanbatu dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya, merealisasikan vaksinasi massal. suaratani.com - fajar

Suara Tani.com – Labuhanbatu| Upaya mencapai herd community (kekebalan kelompok) dalam menghadapi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di tengah masyarakat, pemerintah terus menggenjot capaian vaksinasi massal.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu berkordinasi dengan Staf Kepresidenan, Kepolisian Resor Labuhanbatu dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) serta sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya, merealisasikan vaksinasi massal.

Sebanyak 100 vial vaksin diperuntukkan bagi 1.000 orang masyarakat Labuhanbatu dalam agenda Vaksinasi Merdeka secara serentak, Senin (6/9/2021) di aula Asrama Haji Ujung Bandar Rantauprapat.

Koordinator Wilayah Staf Kepresidenan RI, M Ridwan Dalimunthe mengatakan, vaksinasi merdeka itu juga menyasar ke Pusat Pendidikan Islam Pesantren dan rumah ibadah. Jenis vaksin yang dipakai, Sinovac.

"Dari sini diharapkan lebih cepat menyadarkan masyarakat akan pentingnya vaksin, agar penyebaran virus ini segera selesai," katanya.

Ridwan mengatakan, untuk mencapai tingkat kekebalan kelompok di masyarakat, dibutuhkan maksimalisasi vaksinasi  masyarakat secara merata.

"Target 80 persen jumlah masyarakat mengikuti vaksin. Semoga dapat terealisasi," jelasnya.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan dikesempatan itu menyebutkan, kegiatan vaksinansi massal ini akan berlangsung selama dua hari,  6-7 September 2021.

"Untuk wilayah hukum Polres Labuhanbatu kegiatan ini dilakukan di tiga tempat yang berbeda, yakni di Silangkitang target 500 orang, Asrama haji  1.000 orang dan  dihari kedua untuk di ponpes Aek Nabara, sebanyak 1.500 orang. Kegiatan vaksinasi ini  langsung dimonitor Presiden RI Joko Widodo secara daring," ujar AKBP Deny.

Dikatakan Kapolres, di Labuhanbatu sekarang telah memasuki level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan data 1.700 orang terinfeksi, 374 sembuh, 314 dirawat.

"Walaupun virus ini masih ada, tapi grafik menunjukkan menurun, karena kepatuhan masyarakat mematuhi protokol kesehatan (Prokes)," jelasnya.

Ia berharap, dengan antusias masyarakat mengikuti vaksinasi, pandemi Covid-19 dapat teratasi dengan cepat

"Jika hari ini ada saudara yang belum mendapatkan vaksin, jangan takut. Presiden menjamin semua masyarakat Indonesia memperoleh vaksin, hingga tercapai 80 persen orang penerima vaksin di September 2021 tercapai," tegas Kapolres.

Sementara itu, Sekdakab Labuhanbatu Muhammad Yusuf Siagian mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat dan pihak penyelenggara yang turut mensukseskan kegiatan yang disambut antusias dan keikut sertaan masyarakat penerima vaksin.

"Berarti kita telah mendukung kinerja pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Semoga kita bisa menjaga diri kita dan keluarga kita dari wabah ini," ujar Sekda.

Di lokasi, tampak keikutsertaan memantau perkembangan peserta vaksinasi merdeka, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, Sekdakab Labuhanbatu Muhammad Yusuf Siagian, Kajari Labuhanbatu Jefri Penangin Maka Pedua.

Juga, Perwakilan Pengadilan Negeri Rantauprapat selaku Hakim Madia Pratama Hendrik Tarigan, Ketua MUI Labuhanbatu Darwis Dalimunthe, Kakan Kemenag Labuhanbatu Syarifuddin, Kadiskes Labuhanbatu Kamal Ilham, Kordinator Wilayah Staf Kepresidenan RI, Ridwan Dalimunthe, Tim Vaksinator dari Puskesmas Sigambal, Rantauprapat Kota, Perlayuan dan Dokes Polres Labuhanbatu. * (fajar dame harahap)