Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

RSUD Pirngadi Tambah 20 Tempat Tidur ICU untuk Pasien Covid-19

Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau ruangan ICU untuk pasien Covid-19 di RSUD Pirngadi Medan, Jumat (3/9/2021). suaratani.com- rahyu


SuaraTani.com - Medan| Wali Kota Medan Bobby Nasution meresmikan ruang ICU tambahan untuk pasien Covid-19 di RSUD Pirngadi Medan, Jumat (3/9/2021). Ruangan ini menyediakan sebanyak 20 tempat tidur. 

Ruangan ICU ini merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

"Nah ini fasilitas- fasilitas yang disupport kepada kami Pemko Medan. Dari Kemenkes adalah alat-alat kesehatan dan dari Kementerian PUPR adalah bangunan fisik. Tentunya kami pemko Medan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada karena sudah membantu kami melakukan salah satu tugas dari Pemerintah Daerah yang diantara 3 T itu adalah treatment," ujar Bobby Nasution saat meresmikan ruangan ICU itu. 

Dijelaskan Bobby, ruangan ICU ini sudah bisa beroperasi sejak diresmikan. Ruangan ini, nantinya akan menangani pasien Covid-19 dengan gejala berat. 

"Mulai dioperasikan per hari ini. Syaratnya pasien yang punya komorbid dan kondisinya berat karena Covid-19, dan penanganannya lebih intensif," jelas Bobby. 

Bobby mengatakan, alat-alat yang disediakan sudah sesuai dengan standar ruangan ICU sebagaimana mestinya. 

"Alat-alat sudah saya tinjau, pada lantai juga dipasang vynil untuk standar rumah sakit ICU dan sudah layak digunakan," sebutnya. 

Bobby berharap, dengan penambahan ini bisa mengantisipasi keterisian BOR ICU Covid-19 di Kota Medan. Penambahan ini juga diharapkan bisa semakin mempercepat penyembuhan pasien Covid-19. 

Dijelaskannya, hingga saat ini keterisian BOR isolasi di Kota Medan mencapai 56%, sedangkan BOR ICU mencapai 59% hingga 60%.

"Mudah-mudahan dengan penambahan ini, jumlah tempat tidur agar jumlah tempat tidur bertambah, BOR nya juga semakin turun. Tapi yang penting, jumlah yang tidur yang kita utamakan berkurang," pungkasnya. *(rahyu)