Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sepanjang 2021, Perbankan di Sumut Distribusikan 421.160 Kartu GPN

Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut, Soekowardojo dalam Bincang Bareng Media (BBM) yang digelar secara daring, Senin (25/10/2021).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Sumatera Utara (Sumut) mencatat, hingga September 2021, jumlah kartu dengan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang telah didistribusikan sebanyak 46.582 kartu GPN melalui  perbankan di Sumut. 

“Dengan demikian, jumlah kartu GPN yang telah didistribusikan selama tahun 2021 menjadi 421.160 kartu,” ujar Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut, Soekowardojo dalam Bincang Bareng Media (BBM) yang digelar secara daring, Senin (25/10/2021).

Soekowardojo menyebutkan, dari sejak diluncurkan di akhir tahun 2017, total kartu GPN yang telah didistribusikan oleh perbankan di  Sumut sejak awal peluncurannya adalah sebanyak 4,67 juta kartu GPN.

“Kartu GPN ini akan membantu nasabah bertransaksi menggunakan kartu ATM di seluruh mesin EDC tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Karena ternyata, bagi nasabah, biaya tambahan ini menjadi masalah,” kata Soeko, sapaan akrabnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Sistem Pembayaran BI Perwakilan Sumut, Nasrullah menambahkan, hingga saat ini proses distribusi kartu berlogo GPN  masih terus berlangsung, terutama dari kartu ATM berbasis magnetik ke kartu ATM berbasis chip.

“Sehingga kartu ATM yang sudah berbasis chip tetapi masih belum ditukar ke kartu berlogo GPN masih bisa dipakai,” tambahnya.

Disebutkannya, distribusi kartu GPN tertinggi itu terjadi di bulan April yang tercatat lebih dari 50.000 kartu. Setelah itu, sejak bulan Mei hingga September, distribusi kartu rata-rata di angka 46.000-an kartu.

“Jika dibandingkan dengan distribusi di tahun lalu, memang terjadi penurunan. Ini mungkin didorong masyarakat yang lebih banyak bertransaksi menggunakan uang eltronik dengan menggunakan QRIS selama pandemi ini,” tandasnya. *(ika)