Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Wabup Adlin Dukung UMA Kembangkan Kawasan Agrotechnopark di Sergai

Wakil Bupati Adlin Tambunan saat menerima audiensi perwakilan civitas akademi UMA, di ruang kerjanya, Senin (11/10/2021).suaratani.com-rag 


SuaraTani.com – Sergai| Wakil Bupati Serdang Bedagai, Adlin Umar Yusri Tambunan, mendukung Universitas Medan Area (UMA) menjadikan salah satu desa di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) sebagai pilot project (proyek percontohan) pengembangan kawasan agrotechnopark. 

Kawasan agrotechnopark yang meliputi adanya kawasan pertanian, tanaman pangan dan peternakan terpadu, sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Sergai di bawah kepimimpinan Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Umar Yusri yang tertuang dalam Sapta Dambaan yakni Sekolah Mantab serta Pertanian Mandiri dan Berkelanjutan. 

"Kami mendukung pilot project (kawasan agrotechnopark) ini. Kita harus membuat tim (Pemkab Sergai dan UMA) agar langsung kita jalankan. Tentunya ini dapat mewujudkan Kabupaten Serdang Bedagai Maju Terus," ujar Wakil Bupati Adlin Tambunan saat menerima audiensi perwakilan civitas akademi UMA, di ruang kerjanya, Senin (11/10/2021). 

Sebelumnya, Wakil Rektor IV, Zulheri Noer, menjelaskan UMA dan Pemerintah Kabupaten Sergai sudah melakukan kerja sama dalam bidang pendidikan untuk penelitian dan pengabdian masyarakat. Hal itu sejalan dengan arahan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia, Nadiem Makarim, dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 

"Penelitian dan pengabdian untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat. Sebelumnya dulu kami juga sudah pernah membuat kawasan agrotecnopark di Desa Sei Buluh sebagai desa binaan dengan menerjunkan dosen dan mahasiswa langsung. Tetapi ini, kami mencari juga kawasan lain yang berpotensi," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu juga, UMA melalui Direktur Pascasarjana, Retno Astuti memaparkan konsep kawasan agrotechnopark ini yang sebelumnya telah dilakukan di Sei Buluh. Kawasan itu harus sesuai untuk aspek teknis, ekonomi dan sosial. 

"Kawasan tersebut bisa menjadi pusat inovasi teknologi tepat dan berguna, agrowisata, agribisnis, kontribusi positif terhadap masyarakat, ramah lingkungan dan berkelanjutan kerja sama dengan stakeholder," ungkapnya.

Audiensi tersebut turut hadir Kepala LP2M UMA, Sumhar Hutapea, Kapus PKM UMA, Asmah Indrawati, Dosen  UMA, Ikbar Pratama. Sementara itu, dari Pemkab Sergai didampingi Asisten I, Nina Deliana, Sekretaris Bappeda, Surya Desa, Sekretaris Dinas Pendidikan, Agus Salim Berutu dan lainnya. *(rag)