Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BI Optimis Pemulihan Ekonomi Nasional Tahun 2021 dapat Terwujud

Wabup Labuhanbatu mengikuti Webinar Penguatan Resilience dan Percepatan Pemulihan Ekonomi. suaratani.com - fajar

SuaraTani.com – Labuhanbatu| Wakil Bupati (Wabup) Labuhanbatu, Elya Rosa Siregar didampingi Asisten II Ikramsyah P Nasution,  mengikuti Webinar Penguatan Resilience dan Percepatan Pemulihan Ekonomi.

Webinar dalam rangkaian Economic Leadership For Regional Government Leaders (REL) bersama Bank Indonesia (BI)itu dilakukan, Senin (1/11/2021) di ruang kerja Wapub, Jalan SM Raja Rantauprapat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Economic Leadership for Regional Government merupakan program BI Institut yang ditujukan bagi stakeholder internal dan eksternal BI. 

Program ini menjadi wujud konstribusi nyata BI dalam peningkatan kapabilitas SDM pemimpin ekonomi daerah yang berwawasan kebangsaan, mampu melakukan terobosan dan pembaharuan signifikan dalam rangka menghasilkan kesejahteraan berkelanjutan.

Pada seminar itu,  BI optimis pemulihan ekonomi nasional pada tahun 2021 dapat terwujud dengan penguatan sinergi melalui satu prasyarat dan lima strategi. Satu prasyarat tersebut adalah vaksinasi dan disiplin protokol Covid-19.

“Sementara lima  strategi yakni, respons kebijakan Pembukaan sektor produktif dan aman, Percepatan stimulus fiskal (realisasi anggaran), peningkatan kredit dari sisi permintaan dan penawaran. Kemudian, stimulus moneter dan kebijakan makro prudensial serta gitalisasi ekonomi dan keuangan, khususnya UMKM,” kata Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo, dalam Webinar yang diselenggarakan secara virtual di Jakarta. 

Dody mengatakan, perekonomian akan segera pulih seiring dengan mobilitas penanganan pandemi Covid-19, dan apabila seluruh pihak optimis serta bekerjasama menekan laju pandemi.

Analisis Senior BI, Hardini Swastiana  sebagai moderator webinar mengatakan, penguatan resilience dan percepatan pemulihan ekonomi bukan hanya penting, tapi dibutuhkan semua pihak untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

“Karena itu kita mesti memiliki post-pandemi dan pivot sektoral sebagai salah satu alternatif percepatan pemulihan ekonomi,” terangnya.

Webinar dilanjutkan dengan mendengarkan pemaparan dari Yuswohady seorang Managing Partner Inventure dan Rhenal Kasali Akademisi Founder Rumah Perubahan pada sesi pertama terkait hidup berdampingan dengan pandemic.

Kemudian Sharing  Sesion dari Bima Arya Walikota Bogor dan Sutan Riska Bupati Dharmasraya dirangkai dengan closing dari Kepala BI Institut, Solikin M Juhro. yang di ikuti seluruh kepala daerah se Indonesia. * (fajar dame harahap)