Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kapolda RZ Panca Simanjuntak Bersama Kasdam I BB Tinjau Pilkades Taput

Kapolda Sumut Irjen Pol.RZ.Panca Putra Simanjuntal bersama Kasdam I BB berbincang dengan petugas TPS dan masyarakat pemilih di TPS IV Pancur Napitu. suaratani.com - darwin nainggolan

SuaraTani.com-Taput| Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut), Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Kasdam I BB mengunjungi pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 200 desa se Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Selasa (23/11/2021).

Dalam kunjungannya, Kapolda Sumut menegaskan, kondisi keamanan pada perhelatan Pilkades  serentak 200 desa di Taput terpantau aman, lancar, dan tertib.

Dalam kunjungannya ke sejumlah lokasi pemungutan suara, Panca menekankan cipta kondisi kondusif kepada seluruh personil pengamanan serta panitia pemilihan setempat.

"Para pendukung calon kepala desa, jangan sampai berantam ya," ujarnya kepada sejumlah saksi calon kepala desa yang ditemui di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) IV, Desa Pansurnapitu, Kecamatan Siatasbarita.

Kapolda bersama Kasdam I BB, Brigjen TNI Purwito Hadi Wardono, Danrem 023 KS Kol inf Febriel Buyung Sikumbang didampingi Kapolres Taput AKBP Ronal FC Sipayung, Kasdim 0210 TU Mayor Ojak Simarmata dan jajaran, menekankan pentingnya menciptakan suasana aman, dan tertib, di tengah pelaksanaan Pilkades yang digelar saat ini.

"Pilkades ini perlu disukseskan seluruh masyarakat supaya terpilih kadesnya yang mampu mewakili seluruh masyarakat. Siapapun pemenangnya, tidak perlu bereuforia yang berlebihan," sebutnya.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, saat ini, Panca  berharap masyarakat tidak menggelar kegiatan euforia yang bisa  menimbulkan kerumunan tak terkendali.

"Tadi saya juga sudah cek soal penerapan protokol kesehatan, semuanya dilaksanakan. Meski COVID-19 sudah agak menurun, tidak perlu euforia," terangnya.

Terkait penambahan jumlah personil yang diterjunkan dari sebelumnya 344 orang menjadi 944 personil dari BKO Polda Sumut, dan Brimob untuk pengamanan Pilkades serentak di Taput, menurut Panca, hal tersebut merupakan penilaian atas aspek pengamanan, sehingga empat personil kepolisian bersama TNI dan Satpol PP disiagakan mengamankan kondisi tiap desa.

"Sebenarnya bukan penambahan, itu strategi polisi bersama TNI, bagaimana masyarakat itu bebas dan siap untuk mengikuti pelaksanaan Pilkades," urainya.

TPS IV Desa Pansurnapitu, Siatasbarita, dengan 491 pemilih menjadi satu dari empat TPS yang disiapkan untuk mengakomodir hak demokrasi bagi total 1.713 pemilih terdaftar di desa tersebut dalam memberikan pilihannya untuk lima calon kepala desa yang maju.

Dari TPS IV Desa Pansurnapitu, Siatasbarita, rombongan Kapolda Sumut meluncur ke lokasi TPS IV Desa Simamora, Kecamatan Tarutung, Taput, serta ke sejumlah TPS lainnya, sesuai jadwal kunjungan.* (darwin nainggolan)