Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Masih Bertahan Mahal, Harga TBS Pekan Ini Rp3.435 Per Kilogram

Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit yang dikumpulkan sebelum dibawa ke Pabrik Kelapa Sawit. Hingga sepekan kedepan, harga TBS di tingkat petani ditetapkan di harga Rp3.435 per kg.suaratani.com-dok


SuaraTani.com – Medan| Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit petani di Sumatera Utara (Sumut)  untuk sepekan kedepan ditetapkan di harga Rp3.435 per kilogram (kg). Harga ini berlaku hingga 7 Desember 2021. 

“Harga ini mengalami penurunan Rp33 dibandingkan harga pekan lalu yang sebesar Rp3.468,” ujar  Ketua Kelompok Kerja Teknis Tim Rumus Harga TBS Produksi Petani Provinsi Sumut Ponten Naibaho, dalam keterangan tertulis, Kamis (2/12/2021).

Untuk rata-rata harga CPO lokal dan ekspor sendiri menurut Ponten Naibaho ditetapkan di harga Rp14.144 per kg.  Sama seperti halnya harga TBS, harga CPO pekan ini juga mengalami penurunan Rp354 dibandingkan harga pekan lalu. 

“Pekan lalu harga CPO kami tetapkan di angka  Rp14.498 per kg,” kata Ponten. 

Dihubungi terpisah, petani sawit di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Muhammad Yusuf Tanjung menyebutkan harga TBS kelapa sawit di wilayahnya mencapai Rp3.015 per kg. Harga ini disebutkannya mengalami kenaikan. 

“Dah seminggu ini harga naik,” sebut Yusuf. 

Hanya saja hingga saat ini produksi TBS di kebun yang ia kelola masih mengalami trek. 

“Memang ini periodenya trek yah, biasanya sampai akhir Desember nanti,” katanya. 

Masih bertahan mahalnya harga TBS mau pun CPO memberi dampak kenaikan harga minyak goreng. *(ika)