Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pasokan Kedelai Cukup untuk Kebutuhan Natal dan Tahun Baru 2022

Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan pasokan kedelai cukup untuk Natal 2021dan Tahun Baru 2022.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Jakarta| Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan pasokan kedelai cukup untuk Natal 2021dan Tahun Baru 2022.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan menyebutkan, pemerintah telah berkoordinasi dengan pelaku usaha untuk mengantisipasi kebutuhan kedelai dengan memperkirakan jumlah saat panen dan kualitas di negara produsen. 

“Pasokan kedelai dari negara eksportir cukup baik. Saat ini negara produsen tengah memasuki masa panen, sehingga  kami  optimis  pasokan  kedelai  akan  cukup  hingga kuartal pertama 2022,”kata  Oke  di Jakarta, Jumat (3/12/2021).

Oke menyampaikan, berdasarkan Chicago Board of Trade (CBOT), harga kedelai dunia pada akhir November 2021 sekitar  US$12,17/bushels atau  setara  US$446/ton.  Harga  ini turun dibanding awal  Juni 2021 yang tercatat sebesar US$15,42/bushels setara US$566/ton. Dengan kondisi tersebut, maka landed price diperkirakan berada pada kisaran Rp7.695/kg dan di tingkat importir sebesar Rp 8.378/kg. 

“Dengan kondisi panen di negara produsen yang cukup baik, diperkirakan harga kedelai dunia akan relatif stabil.Untuk  itu,diharapkan  para  pelaku  usaha  dapat  bekerjasama dalammenjaga  kelancaran  pasokan  kedelai  ke pengrajin tahu dan tempe,” lanjut Oke. 

Oke  memperkirakan,dengan  kondisi  harga  kedelai saat  ini, harga  tempe  akan  berada  di  kisaran  Rp10.129/kg, lebih rendah dari pertengahan Juni sekitar Rp17.000/kg.  Sementara harga tahu akan berada di kisaran Rp605/potong, sedikit turun dibanding sebelumnya sebesar Rp700/potong. 

Oke  berharap,panen kedelai negara  produsen dapat  memacu  gairah  pengrajin  tahu  dan  tempe  untuk  tetap melakukan produksi dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat. 

“Kemendag terus konsisten memantau perkembangan harga dan pasokan kedelai untuk memenuhi kebutuhan produksi   pengrajin   tahu   dan   tempe   nasional. Untuk   itu, masyarakat   tidak   perlu   merasa khawatir atas ketersediaan  tahu dan tempe sebagai  alternatif sumber protein dengan harga  terjangkau, khususnya periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,” pungkas Oke. *(jasmin)