Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Perayaaan Natal PDIP se-Sumut di Tarutung Diwarnai dengan Bakti Sosial

Ketua DPD PDI Perjuangan Rapidin Simbolon bersama Ketua Panitia Sekaligus Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan menyerahkan bantuan ke gereja-gereja HKBP yang diterima Kepala Departrmen Koinonia Pdt Deonald Sinaga, Senin (27/12/2021). suaratani.com - darwin nainggolan

SuaraTani.com-Taput| Perayaan Natal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) se Sumatera Utara (Sumut) dipusatkan di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). 

Natal dengan tema "Cinta Kasih Kristus Menggerakkan Persaudaran" dan sub tema  Natal Bersama Keluarga PDI Perjuangan Sumatera Utara Bangkit Untuk Negeri" digelar di Sopo Partukkoan Tarutung, Taput, Senin (27/12/2021), pukul 16.00 Wib.

Hadir Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin Simbolon, Sekretaris DPD Sumut Soetarto, Ketua DPRD  Sumut Baskami Ginting, anggota DPRD Fraksi PDIP Sumut Tuani Lumbantobing, Sarma Hutajulu, Jojor Tambunan, Meinarty Bangun,  Bupati Taput sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Taput, Nikson Nababan, Bupati Toba, Poltak Sitorus, Wakil Bupati Humbang Hasundutan serta perwakilan  pengurus DPC se Sumut.

Ketua Umum Panitia Perayaan Natal, Nikson Nababan  dalam laporannya mengatakan, giat sosial  dilaksanakan sebelum puncak perayaan Natal yakni pembagian nasi ke rutan Tarutung 257 kotak,  500 nasi kotak bagi tukang becak, supir angkot di Tarutung dan kaos 150 pieces. Nasi kotak bagi supir angkot dan tukang becak 200 kotak di Siborongborong serta 150 buah kaos. 

Kemudian, pembagian baju natal dan seragam PAUD 40 pieces, dan 200 paket sembako bagi warga kurang mampu, pembagian 850 paket peralatan mandi bagi warga binaan Lapas Siborongborong. 

Selanjutnya, pemberian tali asih kepada pelaku seni sebanyak 450 orang, tali asih ke penyandang disabilitas dan kanker 250 orang, tali asih kepada keluarga pengurus yang meninggal tahun 2021 sebanyak 15 orang hingga bantuan denominasi bagi gereja dan masjid di Sumut totalnya Rp400 juta.

Giat sosial tersebut kata Nikson, dilaksanakan pada Senin (27/12/2021) pagi dan diikuti Ketua DPD Rapidin Simbolon, Ketua DPC PDIP Taput, Nikson Nababan, Poltak Pakpahan (Ketua DPRD Taput), Ketua Fraksi Sumut, Mangapul Purba, Baskami Ginting (Ketua DPRD Sumut). Kemudian, DPC Samosir, Sorta Siahaan, DPC Toba, Mangatas Silaen hingga Fraksi PDI Perjuangan Taput.

“Aksi sosial dilakukan di dua kecamatan yakni Kecamatan Tarutung dan Siborongborong. Kegiatan sosial yang kita lakukan ini sebagai bentuk kepedulian PDI Perjuangan kepada masyarakat,” jelas Nikson.

Bakti sosial ini, kata Nikson, atas arahan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri dan Ketua Sumut Rapidin Simbolon bahwa Kader PDI Perjuangan siap dan solid bergerak bekerja untuk rakyat.

Adapun sumber dana pelaksanaan bakti sosial dan perayaan Natal menurut Nikson, adalah hasil gotong royong seluruh pengurus partai dan seluruh anggota DPRD se Sumut serta bantuan dari anggota DPR RI. 

Pada kesempatan itu Nikson menyerahkan proposal pembangunan infrastruktur di Taput kepada Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut yang diteruskan kepada Ketua Fraksi PDI Perjuangan Sumut.

"Proposal yang disampaikan itu terkait ruas jalan provinsi dari Simpang Empat Hutabarat menuju Sipahutar sampai Garoga yang sudah mengalami rusak parah. Kemudian,  drainase Aek Siborgung di Desa Parbubu I yang sudah mengalami kerusakan hingga para petani kita mengalami kesulitan untuk mengairi sawahnya. Kemudian rencana pendirian Universitas Tapanuli,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin Simbolon yang didampingi Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut, mengatakan proposal yang disampaikan itu menjadi catatan bagi mereka.

“Tadi sudah saya sampaikan kepada Ketua DPRD dan Ketua Fraksi di DPRD Sumut. Ini menjadi tugas mereka untuk mendorong dan menggolkannya di tingkat provinsi,” kata Rapidin. 

Terkait pendirian Universitas Negeri di Taput, Rapidin mengatakan, hal ini perlu ditanggapi dengan serius karena apa yang dimintakan Bupati Taput  merupakan hal yang sangat wajar. Karena kehadiran universitas ini akan meningkatkan  perekonomian Taput serta  menambah disiplin-disiplin ilmu selain dari theologia atau ilmu keagaaman lainnya yang sudah ada.

“Kami akan mengupayakan  untuk mengomunikasikannya ke Ibu Ketua Umum, Megawati, karena  permintaan ini  sangat wajar dan sangat baik," tegas Rapidin.

Persembahan Natal dan sumbangan yang terkumpul saat Bupati Taput, Ketua DPD, Ketua TP PKK Taput, Bupati Toba dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan melantunkan lagu akan didonasikan untuk bantuan bencana alam Gunung Semeru dan tanah longsor di Padangsidempuan.* (darwin nainggolan)