Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Harga Cabai Merah Naik, Harga Minyak Goreng Turun

Harga cabai merah di Kota Medan mengalami kenaikan lagi per hari ini.suaratani.com-ist 

SuaraTani.com – Medan| Harga cabai merah di Sumatera Utara (Sumut) kembali mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Rabu (22/6/2022). 

Di Kota Medan, harga cabai merah saat ini dijual di kisaran harga Rp91 ribu per kilogram (kg) nya, sementara cabai rawit dijual di kisaran Rp59 ribu per kg nya. Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan mengalami kenaikan sekitar Rp10 ribu per kg nya.

Namun demikian, sejumlah wilayah lain di Sumut seperti Kota Padangsidimpuan. Harga cabai merahnya rata rata pada hari ini mengalami penurunan Rp5000 per Kg. Harga cabai merah di Padangsidimpuan turun dari Rp100 ribu per kg menjadi Rp95 ribu per kg nya. Sementara itu cabai merah yang paling murah pada hari ini ada di Kota Siantar, di mana harga cabai merahnya turun di kisaran Rp79 ribuan per kg.

Pemerhati ekonomi Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin mengatakan, belum ada perubahan pemicu kenaikan harga cabai. Namun memang untuk wilayah kota medan dan sekitarnya, belakangan cuaca kurang begitu bersahabat sehingga cabai merah di Kota Medan sedikit mengalami kenaikan. 

“Tetapi jika merunut pada penurunan harga cabai merah di kota lain di Sumut, pada dasarnya kenaikan harga cabai merah di kota medan merupakan bagian dari fluktuassi harga yang jamak terjadi di wilayah lain,” kata Gunawan di Medan, Rabu (22/6/2022).

Sementara itu, harga minyak goreng kembali mengalami penurunan, khususnya minyak goreng curah. Di Kota Medan, harga minyak goreng berada di kisaran Rp15.600 per Kg, dari sebelumnya yang bertengger dikisaran Rp16.000 per kg nya. Sementara harga minyak goreng curah yang paling murah di Sumut masih ada di Kota Siantar yang pada hari ini di kisaran Rp15 ribu per kg.

Di sejumlah wilayah lain di Indonesia, terpantau harga minyak goreng curah juga terus mengalami penurunan. 

“Dan jika mengacu kepada target pemerintah untuk menekan harga MIigor curah sesuai HET, maka tren kedepan untuk harga minyak goreng curah adalah dalam tren penurunan,” sebutnya.

Selain minyak gireng curah, harga daging ayam juga terus mengalami penurunan. Penurunan harga daging ayam belakangan ini memang dimotori oleh penurunan harga bahan baku utama pakan ternak, ditambah lagi mulai melimpahnya pasokan ikan segar yang menjadi subtitusi bagi daging ayam.

Untuk di Medan, harga daging ayam rata rata dipasarkan di kisaran Rp29.900 per kg, dan lagi-lagi Kota siantar harga daging ayamnya mencatatkan harga yang paling murah di Sumut yakni dikisaran Rp25.400 per kg nya. 

Untuk harga telur ayam, Untuk telur ayam, harganya di Kota Medan terpantau stabil sejauh ini di kisaran angka Rp26.500 per kg, tetapi di sejumlah wilayah lain di Sumut harganya bergerak turun meskipun masih terpantau di kisaran harga yang sama.

“Untuk bawang merah di Kota Medan harganya terpantau stabil di kisaran Rp60 ribu per kg, namun di Kota Siantar harganya mengalami penurunan di kisaran Rp56 ribu per kg nya, saya masih yakin bawang merah ini berpeluang untuk kembali turun harganya,” pungkasnya. *(ika)