Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tingkatkan Minat Baca, Lima Kabupaten Terima Gerobak Baca

Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumut Harlen Purba secara simbolis menyerahkan Gerobak Baca kepada 5 Ketua GPMB Kabupaten, di Ballroom Hotel Arya Duta, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Kamis (23/6).suaratani.com-ist 

SuaraTani.com – Medan| Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis menyerahkan lima unit Gerobak Baca kepada lima kabupaten, yakni Kabupaten Deliserdang, Serdangbedagai, Batubara, Tapanuli Utara, dan Pakpak Bharat. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat.

Gerobak baca tersebut secara simbolis diserahkan Nawal Lubis kepada masing-masing Ketua GPMB Kabupaten, di Ruang Lotus Hotel Arya Duta Medan, Kamis (23/6/2022). 

Turut hadir Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas RI Adin Bondar, Ketua GPMB Kabupaten Serdangbedagai Rosmaida, Ketua GPMB Tapanuli Selatan Rosalina Dolly, dan Ketua PD GPMB Kabupaten Pakpak Bharat Juniatry.

Nawal mengatakan, pemberian Gerobak Baca tersebut untuk mewujudkan pemerataan informasi serta menjamin terpenuhinya hak-hak masyarakat, terutama generasi muda bangsa. Karena buku memberikan banyak manfaat. 

Selain menambah wawasan dan ilmu, aktivitas membaca juga dapat menemukan hal-hal baru. 

"Dengan adanya Gerobak Baca ini, anak-anak dapat mengasah kemampuan membaca, bersosialisasi kepada orang lain serta meningkatkan minat baca," katanya.

Nawal juga berharap kehadiran Gerobak Baca ini memberikan semangat berliterasi, yang bisa dimulai sejak dini untuk keberhasilan generasi Sumut unggul dan berdaya saing. Karena itu, Gerobak Baca yang dibagikan ke daerah tersebut, dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

“Kepada para Ketua GPMB yang menerima Gerobak Baca, diharapkan dapat memanfaatkannya  dengan sebaik-baiknya, bila perlu menambah buku-buku dan fasilitas yang menarik lainnya, untuk memberikan kenyamanan bagi pembacanya,” ujarnya.

Nawal juga mengucapkan apresiasi kepada PT Bank Sumut yang telah menyediakan layanan Gerobak Baca beserta buku-buku berbagai dari terbitan melalui dana CSR. Ke depan, diharapkan hal tersebut bisa terus ditingkatkan hingga Grobak Baca ini bisa sampai ke seluruh pelosok desa di Sumut.

Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi PT Bank Sumut, Arieta Aryanti, mengatakan, PT Bank Sumut merasa bangga bisa berkaloborasi dan berpartisipasi dengan GPMB Sumut untuk mengembangkan minat baca masyarakat dengan memberikan dukungan fasilitas Gerobak Baca. 

"Kami PT Bank Sumut melalui dana CSR telah menyiapakan  enam unit kendaraan Grobak Baca, enam  box berisi 9.000 berbagai jenis buku," sebutnya.

Aryanti juga berharap dengan dukungan fasilitas ini bisa menjadi momentum meningkatkan minat baca masyarakat untuk mempersiapkan generasi berdaya saing. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut, Halen Purba, mengatakan, dengan tersedianya Gerobak Baca ini merupakan langkah pendekatan secara langsung kepada masyarakat dan menjadikan Gerobak Baca sebagai pusat literasi di dalam lingkungan masyarakat. 

Harapannya, dengan adanya Gerobak Baca ini hingga kepelosok desa di Sumut mendorong generasi muda bisa berkembang sehingga bisa meningkatkan SDM Sumut yang unggul. *(wulandari)