Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

1.110 Bibit Pohon Diserahkan Petrokimia Gresik untuk Penghijauan Hutan dan Taman Kota

Proses pengangkutan bibit tanaman. Komitmen Petrokimia Gresik terhadap lingkungan kembali ditunjukkan melalui bantuan 1.110 bibit pohon untuk penghijauan hutan dan taman  kota Gresik. suaratani.com - ist

SuaraTani.com – Gresik| Komitmen Petrokimia Gresik terhadap lingkungan kembali ditunjukkan melalui bantuan 1.110 bibit pohon untuk penghijauan hutan dan taman kota Gresik.   

Secara simbolis bantuan diserahkan oleh VP Corporate Social Responsibility (CSR) Petrokimia Gresik, Muhammad Ihwan bersama VP Lingkungan Petrokimia Gresik, Liliek Harmianto, kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik, Ketut Pratikno, Kamis (4/8/2022). 

Secara terpisah, Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menyampaikan bahwa, dalam upaya   pengelolaan lingkungan di Gresik, Petrokimia Gresik senantiasa berkoordinasi dan siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Gresik, agar program-programnya selaras dengan kebijakan daerah. 

“Salah satunya bantuan bibit pohon ini, merupakan aksi nyata Petrokimia Gresik dalam merespon program   pemerintah daerah guna menciptakan kota yang   nyaman, sehat dan aman dari risiko bencana,” sebut Dwi Satriyo. 

Adapun ribuan bibit pohon yang diserahkan terdiri dari bibit hujan mas (200 pohon), pucuk merah (50 pohon),   dolar (10 pohon), andang merah (200 pohon), lamtana   (400  pohon), klengkeng (50 pohon), jambu kristal (100 pohon) dan alpukat (100 pohon).

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten  Gresik, Ketut Pratikno, mengungkapkan bahwa bantuan   bibit pohon dari Petrokimia Gresik ini sebagian akan diaklimatisasi dan dikembangkan untuk pembibitan lebih lanjut.

Hal ini guna menghasilkan bibit yang lebih banyak untuk selanjutnya ditanam di hutan atau taman kota. Sedangkan untuk bibit tanaman buah, akan langsung ditanam di hutan kota. 

“Kita memiliki banyak lahan yang perlu ditanami. Belum lagi banyak permintaan bantuan bibit dari desa-desa, khususnya yang tengah mengembangkan wisata desa. Semoga bantuan dari Petrokimi Gresik ini dapat menginpirasi perusahaan lain," jelasnya. 

Ketut Pratikno juga mengapresiasi komitmen dan kepedulian yang telah ditunjukkan Petrokimia Gresik selama ini. 

Ia berharap, ke depan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan Petrokimia Gresik dapat terus berlanjut dalam rangka memberikan manfaat bagi masyarakat, melalui penyediaan sarana dan prasarana di bidang lingkungan. 

Sebagai informasi, selain melalui bantuan bibit pohon ini, Petrokimia Gresik juga aktif berkontribusi melakukan penghijauan di Kabupaten Gresik melalui program restorasi lahan mangrove di Mengare, Kali Lamong, hingga Ujung Pangkah. 

Selain itu, dalam waktu dekat ini, Petrokimia Gresik juga akan kembali menanam mangrove sebagai bagian dari  peringatan momen golden anniversary perusahaan. * (junita sianturi)