Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Nikson Nababan Dorong Desa Hutajulu Jadi Ikon Desa Kemenyan

Bupati Nikson memberangkatkan petani kemenyan dalam prosesi Marhottas di Desa Hutajulu, Selasa (2/8/2022).suaratani.com-ist 

SuaraTani.com – Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput)  Nikson Nababan, didampingi Sekretaris Daerah Indra Simaremare, Ketua DPRD Taput, OPD dan Forkopmica turut dalam prosesi 'Marhottas' yang bermakna atau bertujuan memberangkatkan petani kemenyan ke ladang/hutan dengan bekal cukup selama beberapa hari kedepan untuk melakukan manigi/mengetok pohon kemenyan agar getahnya keluar,yang nantinya dapat dipanen 5-6 bulan kedepan.

Dalam acara tradisi unik yang digelar Selasa (2/8/2022), Bupati menyumbangkan satu ekor babi untuk dibagikan kepada para petani kemenyan.

Mayoritas penduduk Desa Hutajulu berpenghasilan dari bertani kemenyan, maka prosesi  'Parhontasan' sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan tiap tahunnya.

"Saya harap ritual Marhottas ini menjadi ikon desa Kemenyan di Desa Hutajulu Kecamatan Parmonangan," ucap Bupati Nikson.

Pada kesempatan sebelumnya, salah seorang warga Desa Hutajulu, Kamelita boru Silitonga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Nikson karena sudah membuka jalan dari Sampinur sampai ke Desa Hutajulu.

“Ini sudah sangat lama kami cita-citakan, dan Bapak Bupati Nikson telah mendengarkan kerinduan kami. Kami ikut bangga melihat Bapak dan rombongan bisa datang dengan kendaraan roda empat masuk ke desa kami ini melalui jalan yang baru,“ ujar Kamelita. 

Kamelita juga menyebutkan, warga juga mengharapkan bantuan Bupati untuk perbaikan jembatan yang masih darurat karena itu juga akses yang dilalui anak-anak ke sekolahnya. 

“Demi keselamatan anak-anak kami,  warga Hutajulu kami mohon kiranya Bapak segera membenahi jembatan kami dan jalan yang dibuka bisa secepatnya di aspal. Kami sangat berterima kasih atas perjuangan bapak. Kami doakan selalu yang terbaik untuk bapak Bupati yang kami banggakan," ujar kamelita

Dalam kunker yang dilakukan sejak Minggu (31/7/2022) tersebut juga dilaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik yang dimentori oleh Sofyan Simanjuntak dan Tim Terpadu Percepatan Pembangunan dilaksanakan di Desa Hutajulu. 

Bupati Nikson Nababan yang meninjau pelaksanaan pelatihan tersebut menegaskan bahwa jangan sampai Taput krisis pangan, malah kalau bisa harus surplus. 

Untuk itu, Bupati Nikson meminta agar warga harus semangat belajar membuat pupuk organik dan mengaplikasikannya, agar tidak tergantung pada pupuk kimia, memang tidak mudah tapi kita bisa menghasilkan pertanian yang sehat, alami dan tidak mahal, dalam artian para petani bisa membuat pupuk sendiri yang membantu petani mengurangi pengeluaran untuk membeli pupuk. 

“Saya harap para petani jangan menyerah, tetap berproduksi dan mewujudkan Taput menjadi lumbung pangan. Pelatihan pupuk organik ini saya minta untuk diadakan  bukan hanya di Desa yang saya kunjung tapi di semua Desa di Tapanuli Utara. Petani harus sejahtera," tegas Bupati. *(darwin nainggolan)