Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Awal Pekan, Rupiah dan IHSG Kompak Terpuruk

Logo PT Bursa Efek Indonesia.suaratani.com-ist 

SuaraTani.com – Medan| Kinerja mata uang Rupiah pada perdagangan hari ini lebih buruk dari ekspektasi sebelumnya. Pada perdagangan sore, kinerja mata uang Rupiah melemah dikisaran level 15.120 per US Dolar. Kinerja mata uang Rupiah selama sesi perdagangan hari ini berada di zona merah, dan kinerjanya konsisten tidak banyak perubahan selama sesi perdagangan.

Kinerja mata uang US Dolar yang menguat terhadap sejumlah mata uang dunia menjadi pemicu pelemahan Rupiah pada perdagangan hari ini.

“Rupiah langsung melemah di atas 15.100 per US Dolar berselang tidak lama setelah pembukaan, bertahan di atas level tersebut hingga sesi perdagangan usai,” ujar analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin di Medan, Senin (26/9/2022).

Sementara itu, kinerja IHSG disebutkannya juga sempat melemah hingga mendekati 2%. Hanya saja IHSG mampu mengurangi kekalahannya dan ditutup turun 0.71% di level 7.127,50.

“IHSG mampu melawan tekanan seiring dengan membaiknya kinerja bursa di eropa di sesi pembukaan, memberikan angin segar sehingga IHSG mampu berbalik sekalipun tetap di tutup di zona merah,” sebut Gunawan.

Harga emas juga mengalami tekanan pada perdagangan hari ini, meskipun sejauh ini mampu menutup kerugiannya. Emas yang harganya sempat tertekan dikisaran Us$1.635 per ons troy, berangsung membaik pada perdagangan sore ini. Sejauh ini emas ditransaksikan dikisaran level US$1.645 per ons troy, atau berada dikisaran Rp802 ribu per gramnya. *(ika)