Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gempa 6,0 SR Landa Tapanuli Utara

Petugas membawa warga yang jadi korban gempa 6,0 SR yang melanda Taput, Sabtu (1/10/2022) dinihari.suaratani.com-darwin nainnggolan

SuaraTani.com – Taput| Gempa berkekuatan 6,0SR mengguncang kabupaten Tapanuli Utara (Taput)  Sabtu (1/10/2022) pada pukul 02,28 WIB dengan pusat gempa berada di darat 10 km barat laut Tapanuli Utara," tulis BMKG melalui akun Twitter resminya, Sabtu (1/10/2022).

Gempa terjadi pada pukul 02.28 WIB. Gempa ada pada kedalaman 10 kilometer dengan titik koordinat gempa ada pada 2,13 lintang utara dan 98,89 bujur timur. Gempa dirasakan pada skala MMI VI di Tarutung, skala MMI IV di Singkil, V di Sipahutar, III di Tapaktuan dan skala MMI III di Gunung Sitoli. Akibat gempa tersebut masyarakat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Pantauan awak media ini dilapangan puluhan rumah masyarakat,bangunan milik pemerintah dan milik BUMN serta gereja mengalami kerusakan berat dan ringan.

"Korban paska gempa sampai saat ini sebanyak 17 orang,15 diantaranya korban luka ringan,1orang luka berat dan 1orang meninggal paska gempa yang sampai saat ini," ujar Direktur Rumah Sakit Umum Daerah  (RSUD) Tarutung, dr Janri Nababan saat dikonfirmasi awak media ini terkait penanganan korban paska gempa,

Lebih lanjut Janri menjelaskan, untuk mengantisipasi lonjakan korban bencana gempa yang dirujuk dari kecamatan dan memulihkan traumatis pasien rumah sakit maupun masyarakat untuk saat ini kita sudah mendirikan 3 tenda bantuan dari BNPB dan Kementrian Sosial,dan akan bertambah lagi 2 tenda lagi bantuan dari Korem 023/KS,” jelas janri. *(darwin nainggolan)