Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kenaikan Harga Cabai Merah di Awal Pekan Hanya Sementara

Pedagang menyiapkan pesanan konsumen. Di awal pekan, harga cabai merah bergerak naik setelah sempat terpuruk di akhir pekan.suaratani.com-dok

SuaraTani.com – Medan| Harga cabai merah di Kota Medan pada akhir pekan kemarin mengalami penurunan yang cukup tajam. 

Harga cabai merah di Kota Medan sempat turun dikisaran Rp20.600 per Kg, namun, pada perdagangan awal pekan ini mencapai Rp28 ribuan.Harga cabai rawit di Kota Medan juga terpantau stabil Rp24 ribu. 

Secara keseluruhan, harga cabai di sejumlah kota lain di luar Kota Medan seperti Gunung Sitoli, Pematangsiantar, Padangsidimpuan dan Sibolga juga terpantau stabil. 

“Sehingga saya berkesimpulan bahwa harga cabai merah yang naik di Kota Medan hanya bersifat temporer,” ujar Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin di Medan, Senin (14/11/2022).

Hal ini menurut Gunawan dikarenakan stok cabai di kota medan mengalami penurunan, terutama yang berasal dari pasokan petani khususnya di wilayah Karo dan sekitarnya, yang lebih banyak melakukan aktifitas ibadah di hari Minggu.

Sejauh ini harga cabai di tingkat petani berada dalam rentang Rp9 ribu hingga Rp13 ribu per Kg. Harga yang memang di bawah harga keekonomian cabai di tingkat petani.

Disparitas harga yang terlalu lebar antara petani dan pedagang pengecer saat ini, selain dikarenakan oleh minimnya stok, juga diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi sehingga membuat pedagang mengkompensasi cabai yang busuk ke harga jual.

Dengan mempertimbangkan banyaknya stok cabai yang tersedia di level petani saat ini, pada dasarnya kenaikan harga cabai saat ini bukanlah indikasi kenaikan harga cabai dalam waktu yang lama. 

“Saya masih mengkhawatirkan adanya potensi penurunan harga cabai kedepan yang bisa memperburuk daya beli petani kita,” pungkasnya. *(ika)