Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Syngenta Indonesia Bantu Petani Jagung dari Gagal Panen

Petani dataran tinggi Simalungun dan manajemen syngenta Sumbagut berfoto bersama usai Expo Hasil Tinggi (Expo HATI) NK Fantastis, yang digelar Kamis (24/11/2022) di Desa Nagori Pematang Sidamanik, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Simalungun| Petani Jagung di dataran tinggi Simalungun merayakan keberhasilan panen jagung tanpa gangguan penyakit berbahaya yang selama ini menjadi momok bagi petani jagung dataran tinggi.

Ratusan petani dataran tinggi di Desa Nagori Pematang Sidamanik, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Kamis (24/11/2022) berkumpul dengan suka cita atas suskesnya bibit jagung yang mereka pilih. 

Bibit bernama NK Fantastis yang dipilih petani merupakan benih yang dikembangkan oleh Syngenta Indonesia.

Benih jagung ini dinilai mampu menjawab masalah utama penyakit pohon jagung yaitu hawar daun dan busuk tongkol di dataran tinggi.  

Kerugian diakibatkan penyakit dan busuk tongkol dapat mengurangi hasil panen minimal 10% hingga bisa gagal panen.

“Varietas ini tepat menjadi pilihan petani jagung di Kabupaten Simalungun khususnya wilayah Pematang Sidamanik yang merupakan wilayah dataran tinggi yang memiliki ketinggian diatas 900 dpl (di atas permukaan laut),” jelas Sales Representatives Syngenta Indonesia untuk wilayah Simalungun, Yuni Kurniawan, dalam keterangan tertulis, Jumat (25/11/2022).

Yuni menyebutkan, pihaknya selalu berusaha untuk membantu petani jagung di manapun dan khususnya di Simalungun agar pengetahuan petani terus berkembang dalam hal teknik budidaya tanaman jagung sehingga meningkat hasil panennya.

“Dan kami mengemasnya dalam sebuah acara berbentuk expo pertanian, yang dinamai Expo Hasil Tinggi (Expo HATI) NK Fantastis,” sebut Yuni.

Midzon Johannis Pimpinan CLT (Country Leadership Team) dari Jakarta mengapresiasi semua aksi untuk mendukung petani jagung seperti yang ia lihat langsung di Simalungun ini.

Pertanian sebagai kegiatan sub sektor usaha senantiasa berkembang seiring pertumbuhan populasi manusia. Salah Satu komoditas strategis pangan di Indonesia adalah Komoditas Jagung.

Jagung sebagai komoditas pangan juga menjadi bahan baku utama dalam industri pakan ternak.

Hingga tahun 2020 Produksi Jagung Nasional Indonesia mencapai 24,9 Juta Metrik Ton (MT) dan Sumut berada di peringkat 4 nasional dengan produksi 1,8 juta ton yang di hasilkan dari 273.703 hektar lahan jagung.

Syngenta adalah perusahaan benih jagung hibrida. Syngenta sudah puluhan tahun memasarkan benih jagung hibrida di Indonesia. 

Benih Jagung dengan nama berawalan NK dari Syngenta sudah lama menjadi market leader di Sumut.

Syngenta punya 9 varietas benih jagung. NK Fantastis adalah nama benih  jagung yang di khususkan untuk dataran tinggi. 

NK Fantastis dipasarkan khusus wilayah dataran tinggi di Simalungun, karena benih di desain cocok dengan ketinggian, iklim dan kondisi dataran tinggi seperti di Simalungun. *(ika)