Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Taput Utus 6 Desa Jadi Perwakilan di Lomba Hari Kesatuan Gerak PKK 2023

Ketua TP PKK Tapanuli Utara (Taput), Satika Simamora.suaratani.com-ist 

SuaraTani.com – Taput| Ketua TP PKK Tapanuli Utara (Taput), Satika Simamora, menyambut Tim Supervisi Pembinaan Desa Percontohan Pelaksana 10 Program Pokok PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (1/2/2023).

Tim supervisi yang diketuai oleh Riza Vahlevi Lubis berkunjung ke Taput dalam rangka Lomba Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023.

Ada 6 desa di 5 kecamatan yang menjadi peserta perwakilan dari Kabupaten Taput, yakni Desa Parsibarungan Kecamatan Pangaribuan yang menjadi pelakana tertib administrasi.

Desa Sitabo-tabo Kecamatan Siborong-borong yang menjadi pelaksana pola asuh anak dan remaja. 

Desa Lumbang Tonga-tonga Kecamatan Siborong-borong untuk menjadi pelaksana pemanfaatan tanah pekarangan HATINYA PKK.

Desa Parsaoran Samosir Kecamatan Pahae Jae untuk pelaksana usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K). 

Kemudian Kecamatan Sipahutar sebagai pelaksana IVA test dan Desa Loba Sihim Kecamatan Simangumban untuk program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera. 

Ketua TP PKK Kabupaten Taput, Satika Simamora, mengajak para ketua TP PKK desa/kecamatan untuk mengikuti supervisi dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Selamat datang di Kabupaten Tapanuli Utara kepada tim supervisi dari Provinsi Sumatera Utara. Suatu kebanggaan tersendiri bagi kami menerima kunjungan dari Bapak/Ibu. Kiranya kami dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari supervisi ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tapanuli Utara," kata Satika Simamora. 

Satika mengatakan, pertemuan ini penting sebagai ajang pembelajaran, sehingga dalam praktek melayani masyarakat nantinya bisa lebih baik. 

“Kita mulai dari yang kecil dulu, seperti membenahi kebersihan, memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman pangan/Toga hingga membuat sebuah administrasi atau sistem yang dapat bekerja dengan baik. Mari bergotong-royong dan kompak, maka pekerjaan berat akan menjadi ringan," tambah Satika Simamora. 

Ditambahkannya, selain perlu berjuang untuk meraih juara dalam perlombaan ini, yang paling utama sebenarnya adalah memenangkan hati warga melalui pelayanan dan karya nyata di desa masing-masing.

“Sehingga masyarakat semakin semangat dalam upaya peningkatan kesejahteraannya," ucap Satika Simamora mengakhiri sambutannya.

Dalam kesempatan sebelumnya, Bupati Taput yang diwakili oleh Kepala Dinas PMD, Donny Raymond Simamora berharap pelaksanaan monitoring desa/kelurahan pelaksana 10 program pokok PKK ini dapat membantu mewujudkan gerakan pokok PKK di Kabupaten Taput. 

"Harus ada koordinasi yang baik dari TP PKK Desa, Kecamatan hingga Kabupaten dengan Perangkat Daerah terkait untuk mewujudkan gerakan pokok PKK. Kami berharap supervisi ini dapat meningkatkan keluarga mandiri serta menghasilkan industri kecil menengah di masing-masing Desa di Kabupaten Tapanuli Utara," tutur Donny Raymond Simamora. 

Kegiatan supervisi kemudian dilanjutkan dengan pendampingan dan diskusi langsung oleh tim supervisi Provsu dengan masing-masing Desa. Setelah pemaparan, tim supervisi memberikan masukan dan arahan untuk pelaksanaan program pokok PKK. 

Ketua Tim Supervisi Provinsi Sumut, Riza Vahlevi Lubis, yang juga sebagai sekretaris TP PKK Provsu menyampaikan apresiasi atas kesediaan TP PKK Tapanuli Utara mengikuti supervisi dan atas keaktifan TP PKK dalam melaksanakan program pokok PKK di Kabupaten Tapanuli Utara. 

"Tujuan lomba ini agar desa dapat menjadi contoh untuk desa yang lain. Kami berharap kerja keras dari ibu-ibu TP PKK menghasilkan yang terbaik untuk masyarakat," ucap Riza Lubis. *(darwin nainggolan)