Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jelang Iduladha, Karantina Belawan Pastikan Kesehatan Sapi di IKH Terjamin Aman

Balai Karantina Pertanian Belawan, Kementerian melakukan monitoring dan pengawasan langsung ke kandang pemilik PT. Lembu Andalas Langkat, Selasa (30/5/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com - Belawan| Kementerian Pertanian memastikan kesehatan hewan sapi yang sudah tersedia menjelang hari raya Iduladha.

Melalui Karantina Pertanian Belawan, Kementerian melakukan monitoring dan pengawasan langsung ke kandang pemilik PT. Lembu Andalas Langkat, Selasa (30/5/2023).

“Kami harus memastikan hewan sapi yang tersedia di  Instalasi Karantina Hewan (IKH) milik PT. Lembu Andalas Langkat dalam keadaan  sehat  menjelang Iduladha berserta kelayakan IKHnya,” ujar Kepala Karantina Pertanian Belawan, Lenny Hartati Harahap.

Menurut Lenny,  ketentuan persyaratan IKH sesuai dengan Permentan nomor 70 tahun 2015 harus  memenuhi persyaratan administrasi dan teknis dengan kajian resiko yang didasarkan pada status dan stuasi  hama penyakit hewan Karantina (HPHK)  serta jarak populasi rentan dengan lokasi IKH.

Dikatakan Lenny bahwa hewan sapi sebelum  masuk IKT sudah   memiliki nomor barkode (RF.ID) dan tercatat dari negara asal.

“Kemudian dilakukan lagi pengambilan sampel darah untuk diuji di laboratorium guna memastikan bahwa sapi yang masuk sehat dan bebas bakteri brucella, “ujar Lenny.

Lebih lanjut  lanjut  Lenny menerangkan dalam setiap melakukan pengawasan  pihaknya selalu menyarankan untuk selalu memberikan  pellet yang sesuai, juga  memberikan pakan ternak yang baik  seperti bungkil jagung, kulit kopi, kulit ari kopi dan ampas kopi  yang  sangat bermanfaat untuk kesehatan hewan.

Pada saat yang sama, Manajer IKH PT. Lembu Andalas Langkat, Elias, mengatakan bahwa  PT. Lembu Andalas Langkat, memiliki 3 suplier sapi dengan standar internasional yang rutin yaitu Oustraik, Halen dan Hiley.

Sebelum sapi masuk Rumah potong hewan (RPH), pihak suplier memeriksa fasilitas kandang sapi, kelayakan RPH.

“Kami selalu mematuhi semua persyaratan karantina sesuai dengan Permentan 70 tahun 2015 dan juga  telah memperpanjang masa IKH sejak Agustus tahun 2021 hingga Agustus tahun 2024,” tutur Elias.

Sebagai informasi, berdasarkan Data  IQFast Karantina Pertanian Belawan lalulintas sapi milik PT. Lembu Andalas Langkat melalui Pelabuhan Belawan selama tahun 2021 tercatat  sebanyak 7.941 ekor dan  tahun 2022 sebanyak 7.937 serta tahun 2023  sebanyak 1.696 ekor. *(junita sianturi)