Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kunjungi Taput, Bacapres Ganjar Pranowo Berbagi Tips untuk Promosikan Produk UMKM

Bakal calon presiden Ganjar Pranowo didampingi Ketua DPC PDI Perjuangan Taput, Nikson Nababan dan Satika Simamora saat berkunjung ke Tapanuli Utara (Taput), Minggu (12/11/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Taput| Bakal calon presiden Ganjar Pranowo berkunjung ke Tapanuli Utara (Taput), Minggu (12/11/2023).

Dalam kunjungannya ke Kecamatan Muara, bakal calon presiden (Bacapres) RI yang diusung PDI Perjuangan ini disambut Ketua DPC PDI Perjuangan Taput, Nikson Nababan M.Si didampingi Satika Simamora bersama tokoh adat.

Kehadiran Ganjar Pranowo disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat dan para simpatisannya,

Ganjar pranowo juga berinteraksi langsung dengan para petenun ulos yang didampingi oleh pembina UMKM Satika Simamora.

Dalam sambutannya, Ketua DPC PDI Perjuangan, Nikson Nababan, menyampaikan kerinduan masyarakat Tapanuli Raya secara khusus masyarakat Taput akan berdirinya Universitas Negeri Tapanuli Raya di Taput.

“Ini dalam mendukung peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Tapanuli Raya," ujar Nikson.

Selain itu juga Nikson Nababan meyampaikan nantinya dukungan penuh dari pemerintah dalam pengembangan destinasi wisata  Danau Toba, khususnya di Taput.

Dalam sambutannya, Bacapres Ganjar pranowo mengungkapkan kekagumannya akan keindahan Danau Toba, dan melihat potensi besar untuk dikembangkan  menjadi destinasi wisata unggulan. 

Ia pun menegaskan komitmennya untuk menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia.

"Danau Toba dan area ini sangat cantik sekali, saya kira bisa dikembangkan untuk menjadi tempat destinasi wisata kelas dunia," ujar Ganjar.

Dalam upayanya menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata unggulan, Ganjar berencana untuk melibatkan masyarakat setempat dalam memahami dan mengelola potensi pariwisata.

Pada kesempatan itu, mantan Gubernur Jawa Tengah 2 periode ini juga turut meninjau produk-produk UMKM lokal yang menonjolkan kreativitas generasi muda dan keahlian yang dimiliki seniman berpengalaman.

Seperti melihat pembuatan kain yang dilakukan oleh Ibu-ibu secara manual.

"Tadi ditunjukan produk UMKM yang bagus sekali, kreasinya bagus. Anak-anak mudanya punya desain-desain yang bagus, terus kemudian para seniornya bisa buat kerajinan yang sangat bagus dan indah sekali," papar Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar juga mendorong pemberian narasi pada setiap corak produk untuk memperkenalkan proses, filosofi, dan teknologi tinggi yang terlibat.

"Tadi saya minta agar narasi dari setiap corak yang ada, agar masyarakat yang ada di luar mengerti prosesnya, filosofi pewarnaannya, bahwa ini memiliki teknik yang tinggi. Harusnya punya teknologi yang cukup bagus, tentu ini bisa mendukung potensi pariwisata yang ada disini," pungkasnya. *(darwin nainggolan)