Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

IHSG Berpeluang Bergerak Melemah

Seorang investor memperhatikan pergerakan IHSG. Pada perdagangan hari ini, IHSG berpeluang bergerak melemah.suaratani.com-ika

SuaraTani.com – Medan| Indeks harga saham gabungan (IHSG) berpeluang untuk bergerak melemah pada perdagangan hari ini. 

Pelemahan kinerja ini menyusul Kinerja bursa di Asia pada perdagangan hari ini juga banyak yang diperdagangkan melemah. 

IHSG yang tertahan dikisaran level 7.100, secara teknikal bisa memicu pelemahan IHSG pada perdagangan hari ini.

Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, IHSG diproyeksikan akan bergerak dalam rentang 7.030 hingga 7.100. 

IHSG di sesi pagi perdagangan melemah tipis di kisaran level 7.093. Minimnya data ekonomi yang akan dirilis pada perdagangan hari ini, membuat pasar saham akan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor teknikal. 

“Dan fluktuasi pada pasar saham masih akan terjadi dalam jangka pendek,” kata Gunawan di Medan, Selasa (5/12/2023).

Sementara itu, mata uang rupiah disebutkan Gunawan masih berpeluang bergerak menguat pada hari ini. Rupiah berpeluang untuk ditransaksikan dalam rentang 15.430 hingga 15.500 per dolar AS. 

Pada perdagangan waktu Amerika, mata uang dolar AS menguat terhadap sejumlah mata uang lainnya. Rupiah pada sesi pembukaan perdagangan ditransaksikan melemah di level 15.500 per dolar AS.

Rupiah masih diuntungkan dengan pergerakan imbal hasil US Treasury yang belakangan bergerak dalam rengang 4.2% hingga 4.3%. 

Sementara itu, rupiah juga tidak terbebani dengan data ekonomi nasional yang sejauh ini rilis datanya masih cukup solid. 

“Sekalipun belum ada kejutan bagi kondisi ekonomi secara keseluruhan yang memberikan indikasi kuat adanya pemulihan,” sebutnya.

Disisi lain, harga emas terkoreksi cukup dalam hingga melemah ke level US$2.034 per ons troy. Emas mengalami koreksi teknikal setelah sempat menyentuh level tertinggi sepanjang masa di angka US$2.100 per ons troy nya. 

Koreksi yang terjadi pada harga emas sevara kesleuruhan masih merupakan koreksi sehat yang tidak perlu dikuatirkan terlalu berlebihan. *(ika)