Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Banjir Demak, Ketinggian Air di Wilayah Karanganyar Berangsur Turun

Pasar Karanganyar, Kabupaten Demak banjir sudah menurun (21/3/2024). suaratani - ist

SuaraTani.com - Jakarta| Ketinggian air di wilayah Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak terdampak banjir dilaporkan mulai turun hingga 50 cm, Kamis (21/3/2024). 

Sebelumnya, air menggenangi wilayah Kecamatan Karanganyar hingga setinggi 200 cm. Hal yang sama juga terjadi di wilayah Demak Kota. 

Genangan banjir setinggi betis orang dewasa sejak banjir melanda Kota Wali pada 13 Maret ini berangsur turun 20 cm pada hari ini (Kamis, 21/3/2024).

Dengan menggunakan mobil pompa, tim gabungan melaksanakan penyedotan air di Sungai Londo, Desa Singorjo, Kecamatan Demak Kota sejak Rabu (20/3/2024) malam. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, Wilayah yang masih terdapat genangan air sebanyak enam kecamatan. 

Yakni, Kecamatan Karanganyar, Karang Tengah, Gajah, Wonosalam, Sayung, dan Kecamatan Demak.

"Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Demak melaporkan sejumlah pengungsi telah kembali ke rumah masing-masing. Meski demikian, jumlah pengungsi yang masih bertahan di pengungsian sebanyak 24.436 jiwa dan tersebar di 106 titik pengungsian," kata Muhari.

Dikatakannya, tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Demak bersama unsur Forkopimda bekerjasama dalam penangan darurat banjir. Serta melakukan pendataan terhadap dampak kerugian materil. 

"Tim gabungan bersama warga juga telah memulai kegiatan pembersihan lingkungan di wilayah yang telah surut genangannya," kata Muhari. 

BPBD Kabupaten Demak mengimbau warga untuk selalu waspada akan potensi banjir susulan juga terhadap binatang-binatang liar seperti ular yang muncul pascabanjir. * (wulandari)