Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KDEKS Kalbar Diminta Manfaatkan Kearifan Lokal

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin pada acara pengukuhan KDEKS Provinsi Kalbar, Rabu (27/03/2024). suaratani - ist

SuaraTani.com - Pontianak| Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) diminta mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah. Yang berfokus pada sektor unggulan dengan memanfaatkan kearifan lokal.

Demikian disampaikan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin pada acara pengukuhan KDEKS Provinsi Kalbar, Rabu (27/03/2024). Acara pengukuhan berlangsung di Kantor Gubernur Kalbar, Kota Pontianak.

“Kembangkan pariwisata ramah muslim berbasis wisata alam. Seperti desa wisata hutan bakau, maupun wisata budaya dan religi. Seperti Istana Kadriah Pontianak, peninggalan sejarah kesultanan Pontianak,” ucap Wapres.

Wapres juga berpesan agar KDEKS yang telah terbentuk melalui Surat Keputusan Gubernur tanggal 30 Oktober 2023 ini, dapat menggiatkan hilirisasi komoditas produk unggulan Kalbar. 

Ini dilakukan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal, melainkan juga kebutuhan pasar produk halal di negeri tetangga. Seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

“Peluang kerja sama dengan negara tetangga juga patut dikembangkan, guna peningkatan investasi dan pengembangan industri halal di Kalbar,” tambah Wapres.

Wapres mengingatkan agar UMKM sebagai bagian dari produsen halal dapat didorong untuk bekerja sama dengan pengusaha besar. 

Tentunya, pengembangan UMKM produk halal ini harus disanggah dengan lembaga pembiayaan syariah yang mumpuni.

“Pastikan pula agar lembaga keuangan syariah mampu meningkatkan dukungan pembiayaan bagi UMKM industri halal,” tegasnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalbar Harisson melaporkan Indeks Inklusi Keuangan Provinsi Kalbar sebesar 84,16%. Sedikit lebih rendah dari Nasional = 85,10%.

Ia berharap, keberadaan KDEKS akan mendongkrak indeks inklusi keuangan daerah dan mendukung pencapaian target inklusi keuangan nasional 90% pada 2024.

“Kami menaruh harapan terjalinnya sinergi dan kolaborasi antara KDEKS dengan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Provinsi Kalbar. Yang salah satu program kerjanya juga menyasar Program Nasional Akselerasi Pemanfaatan Produk/Layanan Keuangan Syariah,” tutur Harisson.

Turut mendmapingi Wapres, Hj Wury Ma’ruf Amin, Plt Direktur Eksekutif KNEKS Taufik Hidayat, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono WS. Dan, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi. * (wulandari)