Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kementerian ESDM-ERIA Sepakati Kerja Sama Akselerasi Transisi Energi

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menandatangani MoC dengan Chief Operating Officer (COO) ERIA, Koji Hachiyama, di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Senin (25/3/2024). suaratani - ist

SuaraTani.com - Jakarta| Kementerian ESDM melakukan penandatanganan Memorandum of Cooperation (MoC) dengan Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA).

Penandatanganan dilakukan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana dengan Chief Operating Officer (COO) ERIA, Koji Hachiyama, di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Senin (25/3/2024).

Penandatanganan MoC tersebut disaksikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Presiden ERIA.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi menyampaikan, kesepakatan tersebut untuk membentuk kerangka kerja sama.  

Antara Kementerian ESDM dengan ERIA untuk memadukan sumber daya manusia, riset, dan pengembangan kebijakan dalam transisi energi. Untuk mencapai Net Zero Emission (NZE).

"Hal ini merupakan bagian tindak lanjut dari Asia Zero Emission Community (AZEC) Leaders Joint Statement," ujarnya.

Agus menambahkan, nantinya bidang kerja sama yang akan dilaksanakan adalah dukungan untuk pengembangan kebijakan, strategi, rencana, dan opsi terkait dengan AZEC. 

Seperti dalam efisiensi energi, perdagangan karbon, pengembangan energi baru terbarukan, maupun pengurangan emisi pada pembangkit listrik dan elektrifikasi di sektor transportasi.

"Kerja sama yang akan dilaksanakan juga terkait pengembangan sumber daya manusia dan transfer informasi terkait transisi energi dan teknologi pendukungnya," tuturnya.

Adapun bentuk kerja sama dalam MoC antara kedua belah pihak yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Pelaksanaan dalam kajian dan riset kebijakan yang berkontribusi terhadap percepatan upaya transisi energi.

2. Peningkatan pengembangan bersama dengan pemagangan pegawai KESDM di ERIA sebagai secondee di ERIA.

3. Bentuk kerja sama lain yang diputuskan secara bersama oleh Para Pihak. * (wulandari)