Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Partisipasi Indonesia dalam India Gaming Show 2024 Dorong Pengembangan Gim Nasional

Partisipasi Indonesia pada India Gaming Show 2024. suaratani - ist

SuaraTani.com - Jakarta| Kehadiran Indonesia di ajang India Gaming Show (IGS) 2024 diyakini dapat mendorong pengembangan industri gim nasional.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, pasar gim India sendiri diproyeksikan mencapai USD5 miliar pada tahun 2025. 

"Dan, India Gaming Show 2024 memberikan kesempatan bagi pengembang gim Indonesia. Untuk memperluas jangkauan mereka khususnya dengan India,” kata Sandiaga  dalam keterangan persnya, dikutip Kamis (21/3/2024) di Jakarta.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, M Neil El Himam mengatakan, jenis gim yang diminati pasar India adalah platform role playing game (RPG).

Kemudian, action games, massive multiplayer online role playing games (MMORPG), horor survival games, serta sport games.

“Kebijakan India dengan membatasi akses produk gim asal Tiongkok juga membuka peluang besar yang dapat dioptimalkan bagi perusahaan gim Indonesia. Baik secara B2B [business-to-business] maupun B2C [business-to-consumer],” kata Neil.

Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio Kemenparekraf/Baparekraf, Iman Santosa mengatakan, keterlibatan Indonesia menjadi sebuah kebanggaan. Dan, bukti bahwa para pengembang gim lokal Indonesia siap untuk terlibat dalam industri gim global.

“Kami harapkan partisipasi Indonesia sebagai negara tamu akan menghasilkan banyak kesempatan kolaborasi bisnis. Tentunya dapat berlanjut menghasilkan lebih banyak kolaborasi industri gim bagi Indonesia-India ke depannya,” kata Iman.

Sementara Advisor Asosiasi Pengembang Gim Indonesia (AGI), Ami Raditya menjelaskan, Indonesia dan India memiliki banyak kesamaan, khususnya pada akar budaya.

Sehingga hal ini merupakan ceruk yang sangat baik bagi gim Indonesia untuk bisa diterima di India, dan demikian pula sebaliknya.

“Kami percaya sebagai dua negara yang memiliki demografi yang sangat besar, kolaborasi Indonesia dan India bisa menjadi poros kekuatan baru industri gim di dunia,” kata Ami.

Tingkatkan Kerja Sama Bilateral

Konsul Jenderal RI di Mumbai, Edi Wardoyo menyampaikan komitmen pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kerja sama bilateral. Termasuk di sektor perdagangan dengan India. 

India merupakan salah satu mitra dagang terbesar dan penting bagi Indonesia.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama bilateral dengan India, khususnya pada penguatan diplomasi ekonomi di sektor perdagangan, investasi, dan industri kreatif,” kata Edy.

Edi menambahkan, partisipasi Indonesia sekaligus sebagai bagian dari peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan India.

“Pada Indian Gaming Show 2024 juga digelar grand slam Moba Counterstrike, yang diikuti oleh salah satu tim Indonesia yaitu Garuda Wisnu. Pertandingannya ditonton oleh audiens secara virtual di hari pertama (via kanal Skyesport) sebanyak sekitar 100 ribu audiens,” kata Edi.

Sebagai langkah strategis dalam memperkuat hubungan bilateral, Indonesia telah berpartisipasi sebagai negara mitra (country partner) pada India Gaming Show  2024. 

Show tersebut berlangsung di Pune, Maharashtra. pada 14 hingga 16 Maret 2024. Pada ajang ini, Paviliun Indonesia menghadirkan empat studio gim terkemuka tanah air, yaitu Hexaplay, Anantarupa, Ginger Sun Studio, dan Marica serta AGI.

Salah satu pencapaian penting dari pameran ini adalah pertukaran perjanjian non disclosure agreement (NDA) antara studio Anantarupa dan Jio Games. Untuk lisensi eksklusif dan penerbitan gim Lokapala di India melalui Ekosistem Jio Games.

Sementara Ginger Sun Studio mendapatkan komitmen awal untuk kerja sama penerbitan dengan Soft Source Publisher untuk gim “Unrivaled Heroes” senilai USD40 ribu.

 Dan, studio Hexaplay sedang memfinalisasi NDA dengan Brinc Accelerator India untuk kerja sama penerbitan bersama gim Null Horizon.

Hexaplay juga menerima indikasi proyek intellectual property (IP) untuk mengembangkan gim turunan dari serial film Karthikeyan yang diproduksi oleh anak perusahaan Brinc Accelerator. * (putri)