Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Petrokimia Volleyball Academy Juara 1 Nusantara Cup 2024

Petrokimia Volleyball Academy, binaan Petrokimia Gresik, berhasil menjadi Juara 1 Nusantara Cup 2024. suaratani - ist

SuaraTani.com - Gresik| Petrokimia Volleyball Academy, binaan Petrokimia Gresik, berhasil menjadi Juara 1 Nusantara Cup 2024. Setelah menang 3-1 dari Kharisma Premium Bandung dalam seri Grand  Final di GOR UNY Yogyakarta, Sabtu (23/3/2024) malam.   

Dengan kemenangan ini, Petrokimia Volleyball Academy menjadi tim putri pertama yang menjuarai Nusantara Cup 2024.

Nusantara Cup sendiri merupakan turnamen invitasi antarsekolah dan akademi bola voli Indonesia yang diselenggarakan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Tahun ini adalah tahun pertama kejuaraan ini digelar.   

Sebanyak 8 tim putri mengikuti Nusantara Cup musim ini. Sebagian besar tim berasal dari sekolah dan akademi bola voli yang sebelumnya pernah mengikuti Livoli maupun Proliga.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengapresiasi prestasi membanggakan ini.  Menurutnya, prestasi  ini  memberikan  dampak  positif bagi perusahaan yang memiliki komitmen untuk memajukan olahraga di Indonesia. Termasuk cabang bola voli.

"Tentu kami bangga, tim voli putri binaan kami konsisten dalam prestasi. Setelah sebelumnya Gresik   Petrokimia Pupuk Indonesia menjuarai Livoli Divisi Utama 2023 pada Desember kemarin. Dan, Juara Piala Gubernur Jawa Tengah Februari 2024," jelasnya.

Sekarang kata Dwi Satriyo, akademinya menjadi yang terbaik atau Juara 1 di ajang Nusantara Cup 2024.

Dwi Satriyo berharap, kemenangan ini mampu memotivasi seluruh pemain voli binaan Petrokimia Gresik untuk terus berprestasi di ajang-ajang berikutnya. 

"Petrokimia Gresik sejak tahun 2002 telah aktif membina tim bola voli melalui penyediaan fasilitas lengkap untuk latihan. Bahkan memberikan bimbingan pelatihan intensif," jelasnya. 

Kontribusi ini, lanjnut Dwi Satriyo, merupakan salah satu upaya Petrokimia Gresik bersama Pupuk Indonesia untuk mendukung generasi muda bangsa berprestasi di cabang  olahraga voli.

Sementara di ajang Nusantara Cup 2024, sepanjang babak penyisihan, tim Petrokimia Volleyball   Academy tampil sempurna.   

Dari tiga kali tanding, mereka mencatat tiga kali kemenangan atau tak terkalahkan sehingga dapat lolos ke Final Four dengan status juara Pool Y. 

Selanjutnya di Final Four, tim Petrokimia Volleyball Academy ini memastikan diri lolos ke babak Grand Final usai kembali memetik kemenangan dari Elang Laut Subang. 

Sementara di babak final, Petrokimia Volleyball Academy memenangkan pertandingan melawan Kharisma Premium Bandung dengan skor 3-1. 

Di set pertama, Petrokimia Volleyball Academy sempat kalah dengan skor 17-25. Namun mereka berhasil meraih kemenangan di tiga set beruntun dengan skor 25-18, 25-18 dan 26-24.

Pelatih Petrokimia Volleyball Academy, Shobirin mengaku besyukur anak asuhnya mampu menjuarai Nusantara Cup 2024. Kemenangan yang diraih di final dibutuhkan kerja keras. 

Ia mengungkapkan sebenarnya stamina anak asuhnya telah menurun. Untungnya, pada set keempat itu  tim asuhannya mampu memenangkan laga.   

“Itu keuntungan kita bisa memperoleh poin di ujung set keempat,” ujarnya. * (junita sianturi)