Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Arus Balik Mulai Meningkat di Arteri Jalur Selatan Hingga Tol Trans Jawa

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan kepada media di command center KM 29, Cikarang, Senin (15/4/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Cikarang| Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pergerakan arus di arteri jalur Selatan mengalami peningkatan signifikan. Seperti Bandung, Garut, Tasik sampai Jawa Tengah.

Sehingga pihaknya melakukan diskresi kepolisian.

“Kita beberapa kali melakukan diskresi kepolisian. Jam 14.00 tadi mengeluarkan arus yang dari Bandung melalui gerbang tol Cikamuning masuk ke rest area. Karena di KM 112 sampai dengan ke depan ini cukup padat,” ungkap Kakorlantas kepada media di command center KM 29, Cikarang, Senin (15/4/2024).

Di Kaliurip pun kata Aan, masih cukup padat sehingga diskresi mengeluarkan arus dari Bandung ini ke Cikamuning. Tapi sekarang sudah distop.

Irjen Pol Aan Suhanan menjelaskan untuk mengurangi beban volume arus kendaraan di KM 66, telah dilakukan rekayasa lalu lintas. Dengan mengalihkan arus di Jakarta-Cikampek dua selatan hingga saat ini masih berlangsung. Dari arah Trans Jawa juga telah diberlakukan rekayasa lalu lintas one way.

Kemudian dari arah Trans Jawa dari Semarang jam 11.00 tadi sudah melakukan One Way. Mulai dari get Salatiga sampai Kalikangkung dan menyambung ke 72 diperpanjang one way lokal.

"Artinya, arus lalu lintas dari timur ini yang nanti kalau jam 04.00 wib, berarti kurang lebih jam 10.00 ya baru sampai ke gerbang Cikatama,” ujarnya.

Sedangkan, tim urai kemacetan akan terus berpatroli mengingatkan para pengendara yang beristirahat di bahu jalan. Nantinya kendaraan akan di arahkan ke exit tol untuk beristirahat di jalur arteri.

“Kemudian bahu jalan juga nanti kita kelola untuk urai kemacetan. Serta berpatroli untuk menghalau kendaraan yang berhenti di bahu jalan kita," jelasnya,

Berbeda dari jalur Trans Jawa arus balik lebaran di jalur Anyer, Merak hingga Jakarta masih terpantau lancar.

“Kemudian kita melihat arus lalu Anyer kemudian Merak sampai Jakarta ini cukup lancar ya,” ungkapnya

Ia juga mengungkapkan untuk fatalitas korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas selama operasi ketupat 2024 secara nasional mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Dikatakannya, jumlah kecelakaan selama operasi ketupat ini secara nasional sampai jam 13.00 ada 2.419 kasus kecelakaan lalu lintas. 

Dibandingkan tahun 2023 terdapat 2.968 atau menurun 80%. Begitu juga dengan yang meninggal dari 449 menjadi 358, turun 20%. 

"Sedangkan untuk luka berat naik 13%, luka ringan turun 23%,” terang Kakorlantas Aan.

Menurutnya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan roda dua (sepeda motor) mengalami penurunan. Salah satu faktor penyebabnya yakni adanya mudik gratis dari pemerintah.

“Alhamdulillah ada penurunan jumlah kecelakaan yang melibatkan sepeda motor dari 3.811, pada tahun ini hanya 3.123 atau turun 18%. Penurunan ini salah satunya disebabkan mudik bersama. Masyarakat  yang mudik menggunakan sepeda motor jadi berkurang,” jelasnya

Menurut Aan, angka pemudik yang belum kembali masih cukup tinggi. Diprediksi di KM 66 itu masih ada 600.000 lebih.

"Anjuran pemerintah untuk WFH tanggal 16, 17 untuk ASN mudah-mudahan bisa mengurai waktu balik masyarakat kita terutama ASN ya. Yang swasta juga mungkin apabila bisa dilakukan dari rumah pekerjaannya, hal ini untuk mengurangi beban di tanggal 14 dan 15. Sehingga 16, 17 kita akan melayani dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan,” tutupnya. * (putri)