Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bertemau di Washington D.C, Menkeu Perkuat Kerja Sama Bilateral Indonesia-Malaysia

Menkeu Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Second Minister of Finance Malaysia, Datuk Seri Amir Hamzah Azizan. foto: ist

SuaraTani.com - Jakarta| Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Second Minister of Finance Malaysia, Datuk Seri Amir Hamzah Azizan.

Pertemuan berlangsung di Washington D.C., Amerika Serikat (AS) dalam rangkaian kunjugan kerja Menkeu ke negara tersebut.  

Pada pertemuan yang diselenggarakan Rabu (17/4/2024) waktu setempat, keduanya berbincang mengenai penguatan hubungan bilateral kedua negara.

"Sebagai negara tetangga, hubungan Indonesia dan Malaysia selama ini telah terjalin begitu erat. Mulai dari dekatnya jalinan kekerabatan, kerja sama ekonomi, hingga kolaborasi di bidang kepabeanan dan cukai," ujar Menkeu sebagaimana dikutip dari laman Instagram @smindrawati.

Datuk Seri Amir Hamzah Azizan merupakan Second Minister of Finance Malaysia yang baru saja dilantik pada Desember 2023 lalu. Menkeu pun tak lupa menyampaikan selamat atas amanah yang saat ini diemban.

"Kami berbincang mengenai penguatan hubungan bilateral antar kedua negara. Khususnya dalam mengarungi masa-masa penuh tantangan di tengah gejolak peningkatan tensi geopolitik," lanjutnya.

Menkeu mengungkapkan, salah satu bidang yang terus diperkuat adalah keuangan syariah. 

"Kita banyak belajar bahkan banyak ahli keuangan syariah kita merupakan lulusan Negeri Jiran," tambah Menkeu.

Selain itu, Menkeu juga menyampaikan pentingnya kolaborasi dan kerja sama teknis dalam mendukung pesatnya pertumbuhan industri halal. 

Ia mengharapkan sektor perdagangan makanan dan minuman halal bisa semakin meningkat dengan ditandatanganinya MoU antar kedua negara di bidang rekognisi sertifikat halal beberapa waktu lalu.

Sebagai penutup, Menkeu menegaskan dukungannya pada ASEAN Chairmanship 2025 yang diselenggarakan di Malaysia.

"Saya pastikan Indonesia akan mendukung penuh dan siap menyukseskan agenda penting tersebut. Dengan kerja sama apik, kita terus kuatkan posisi ASEAN sebagai the bright spot, the shining region..!," tutup Menkeu. * (wulandari)