Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Buka Banten Halal Festival Ramadan, Wapres Paparkan Tiga Langkah Strategis

Wapres membuka Banten Halal Festival Ramadan di Menara Syariah Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Kosambi, Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (2/4/2024). foto: ist

SuaraTani.com - Banten| Peran Indonesia sebagai pemain kunci dalam perdagangan produk halal dunia atau ekosistem halal global hub harus diperkuat. Dalam hal ini, Banten memiliki potensi besar untuk turut ambil bagian.

“Implementasi strategi pengembangan industri halal mesti dipercepat dan dipastikan kesinambungannya. Sehingga Indonesia dan Banten mampu berkiprah secara optimal,” tegas Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin.

Wapres mengatakan itu saat membuka Banten Halal Festival Ramadan di Menara Syariah Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Kosambi, Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (2/4/2024).

Dalam acara itu, Wapres memaparkan tiga langkah strategis bagi Banten. Pertama, kapitalisasi potensi unggulan daerah dengan inovasi dan terobosan penguatan ekosistem rantai nilai halal.

Menurut Wapres, upaya ini antara lain ditempuh dengan meningkatkan keterisian dan produktivitas Kawasan Industri Halal (KIH) Cikande dan Jababeka. Melalui strategi promosi dan pemberian insentif yang tepat.

"Tingkatkan produktivitas sektor industri pengolahan, perdagangan, dan transportasi yang menjadi kekuatan Banten. Ekosistem rantai nilai halal mesti diperkuat dari hulu ke hilir, termasuk yang berkaitan dengan percepatan sertifikasi halal,” imbaunya.

Wapres menambahkan, dengan jumlah pesantren terbanyak di Indonesia, Banten dapat menyasar pengembangan ekosistem rantai nilai halal di lingkup pesantren. Demi mendorong kemandirian ekonomi pesantren dan menyejahterakan masyarakat di sekitarnya.

Kedua, lajut Wapres, tingkatkan sinergi lembaga keuangan syariah dalam penguatan industri halal serta tingkatkan inklusi keuangan syariah.

Karena itu, Wapres menekankan pentingnya optimalisasi beragam produk keuangan syariah untuk meningkatkan pembiayaan syariah bagi pelaku UMKM. Termasuk dalam pengembangan lembaga keuangan mikro syariah.

Seperti baitul maal wa tamwil, koperasi syariah, dan koperasi pesantren.

“Lembaga perbankan syariah seperti Bank Syariah Indonesia juga diimbau untuk dapat melaksanakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan guna memfasilitasi sertifikasi halal bagi UMKM,” ungkapnya.

Adapun strategi ketiga, kata Wapres, tingkatkan kerja sama pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah. Dengan memperbanyak kemitraan bisnis di tingkat global, terlebih Banten sangat strategis di sektor perdagangan dan menjadi salah satu pintu ekspor Indonesia.

“Posisi ini harus dioptimalkan demi meningkatkan ekspor produk halal Banten. Dorong dan intensifkan pendampingan pelaku usaha untuk mampu masuk ke pasar global,” pintanya.

Wapres juga mengingatkan, Banten harus terus meningkatkan kerja sama dengan para pelaku usaha dari berbagai negara. Baik di kawasan ASEAN, Timur Tengah, maupun kawasan lainnya. * (wulandari)